Cari Blog Ini

Sabtu, 28 Maret 2015

Ujian Sekolah Dan Ujian Nasional Sama-Sama Penting



Kepala SMAN 1 Anjatan Drs. Ridwan MPd (atas tengah)   memberikan pengarahan pada silaturahmi dengan Komite dan Wali Murid


(Indramayu, Dialog)-Baik Ujian Sekolah (US) maupun Ujian Nasional (UN) sama-sama memegang peranan penting sebagai sarana untuk mengetahui kemampuan siswa sampai mencapai kelulusannya. Demikian ditegaskan Kepala SMAN 1 Anjatan Kabupaten Indramayu Drs. Ridwan, MPd. Beberapa waktu lalu dalam suatu silaturahmi dengan pengurus Komite Sekolah beserta Wali Murid bertempat di ruang pertemuan sekolah itu.
Hadir pada kesempatan itu Ketua Komite Turah, Bendahara Komite Drs. H. Uud Jalaludin, Kaur TU Darman Usman, Wakasek bidang Kurikulum Ade Sumantri SPd, para pendidik, dan orang tua siswa.
            Penegasan tersebut disampaikan Kepala Sekolah karena adanya keresahan dan kegelisahan menghadapi informasi bahwa pada tahun 2015 UN tidak menjadi faktor yang menentukan kelulusan siswa, sedangkan faktor yang menentukan adalah US. Soal-soal UN disusun dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sedangkan soal-soal US dibuat oleh guru di masing-masing sekolah, dan guru pula yang mengoreksi dan menentukan kelulusan seorang siswa.“Karena sama-sama penting maka kita tidak boleh menyepelekan Ujian melainkan harus menghadapi secara serius dan sungguh-sungguh baik US maupun UN. Menurut UU nomor 20 tahun 2003 tujuan ujian nasional adalah untuk menilai standar kompetensi pada mata pelajaran tertentu”, kata Drs. Ridwan MPd.
            Pada tahun pelajaran 2014-2015, siswa kelas XII di SMAN 1 Anjatan yang telah akan menjadi peserta ujian berjumlah 288 orang terdiri dari jurusan IPA 165 orang dan IPS 123 orang. Supaya seluruh peserta ujian mampu lulus dengan baik pada US dan UN, Kepala Sekolah mengajak kepada guru-guru dan orang tua murid untuk memberikan motivasi dan bimbingan terhadap para siswa dengan seksama dan sungguh-sungguh.
            Ketua Komite Sekolah Turah menyatakan dirinya juga menganggap penting keduanya baik US maupun UN sehingga kita semua menghadapinya dengan serius. Ia menghimbau kepada seluruh orang tua siswa untuk memenuhi seluruh kewajibannya terhadap sekolah seperti kesepakatan wali murid tentang biaya untuk bimbingan belajar dan perpisahan,“Namun yang lebih penting, orang tua memberikan dorongan agar anak-anaknya memiliki semangat yang tinggi dalam mengikuti US dan UN. Kita berupaya agar seluruh peserta ujian di SMAN 1 Anjatan dapat lulus dengan baik”, kata Ketua Komite Sekolah Turah yang juga anggota DPRD IKabupaten Indramayu dari Fraksi Partai Gerinda.

Kaitan dengan program pemerintah kartu pintar, Turah mengemukakan tidak semua siswa dapat kartu itu karena bantuan itu hanya diberikan kepada anak yang orang tuanya tidak mampu. “Instansi yang berhak menentukan kriteria seseorang tidak mampu adalah Desa dan Badan Statistik”, pungkasnya. (Syafrudin).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar