Cari Blog Ini

Jumat, 20 Maret 2015

Kedisiplinan dan Keteladanan Upaya Memajukan SMPN 2 Bongas





Kepala SMPN 2 Bongas Sahrudin SAg, MMPd

(Indramayu, Dialog)-  Sebagai upaya untuk memajukan sekolah maka kedisiplinan guru dan peserta didik dalam berbagai bidang harus ditegakkan, baik  dalam mematuhi berbagai aturan yang ada, mematuhi  jam masuk sekolah, maupun menepati  berbagai ketentuan yang ada. Demikian dikemukakan Kepala SMPN 2 Bongas Kabupaten Indramayu Sahrudin SPd, MMPd, senin (9/3) di ruang kerjanya.
            Guna menegakkan jiwa disiplin peserta didik menepati jam masuk, Kepala Sekolah memberikan teladan dengan datang ke sekolah pagi-pagi. Jam 06.15 WIB ia sudah datang ke sekolah, lalu berdiri di gerbang masuk, serta menyambut dan bersalaman dengan siswa dan guru yang datang kemudian. “Dengan bersalaman itu memberikan pengaruh yang positif terhadap siswa. Selain datang ke sekolah merasa ada yang menyambut, siswa pun merasa malu bila tiba kesiangan sehingga selalu berupaya untuk hadir ke sekolah lebih pagi”, jelas Sahrudin.
            Untuk kemajuan pendidikan di SMPN 2 Bongas, Sahrudin SAg, MMPd senantiasa mengajak kepada para guru dan tenaga kependidikan di sekolah itu melaksanakan tugas dengan baik sesuai dengan tupoksi masing-masing, berkabolurasi dan bertugas dalam jalinan kerjasama untuk meningkatkan prestasi sekolah.  Kepada para wali murid ia mengharapkan dukungan dan partisipasi dalam membina dan mengarahkan peserta didik. “Pada setiap hari nak-anak di sekolah hanya berkisar 6 jam saja sedangkan paling lama berada di rumah, karena itu saya mengharapkan wali-wali murid ikut memperhatikan dan mengarahkan anak-anaknya supaya berperilaku baik dan senang belajar sehingga sukses menempuh pendidikannya. Kalau ada masalah menyangkut anak-anak kita mari dirembukkan secara bersama”, tandasnya.
          Dikatakan Sahrudin, Dengan pola  memberi teladan menegakkan disiplin, para siswa mampu menunjukkan beberapa prestasi baik dalam kegiatan pelajaran maupun ekstra kurikuler. Pada awal tahun 2015, tim Lomba Keterampilan Baris Berbaris (LKBB) SMPN 2 Bongas berhasil meraih Juara Wira kedua dan Juara Pemula kedua pada arena LKBB SMP / MTs se Jawa Barat yang diadakan di SMK Subang Kabupaten Subang. Kejuaraan diraih pula pada arena LKBB tingkat Jawa Barat yang diselenggarakan di SMPN 2 Kroya Kabupaten Indramayu. Selain itu siswa sekolah ini berhasil pula meraih prestasi  pada panca lomba PMR kedua se Jawa Barat, “Kami senantiasa memberikan motivasi agar anak-anak ikut serta dalam berbagai perlombaan, supaya para siswa memiliki pengalaman yang luas dan mempunyai kepercayaan diri yang kuat dalam mengembangkan bakat dan kemampuannya”, kata Sahrudin SAg MMPd yang juga suami dari Ibu Eka Ikhmayati seorang guru di SD Manggungan I Kecamatan Terisi.
           Sahrudin menambahkan, Siswa kelas IX tahun ajaran 2014/2015 berjumlah 192 orang, saat ini mereka telah terdaftar guna mengikuti ujian nasional pada bulan April 2015. “Untuk memelihara dan meningkatkan pengetahuan mereka terhadap mata pelajaran yang akan diujikan, sekolah selalu mengembangkan diri siswa baik melalui pengayaan maupun try out yang dilakukan secara berkesinambungan”, pungkasnya. (Syafrudin).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar