Cari Blog Ini

Sabtu, 28 Maret 2015

Lima Jabatan Eselon II Yang Masih Kosong Pemkab Indramayu Lelang Secara Terbuka

(Indramayu, Dialog)- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indramayu membuka lowongan secara terbuka bagi lima jabatan Eselon II, yang saat ini masih kosong atau hanya dijabat oleh Pelaksana Tugas (Plt). Lima jabatan tersebut adalah Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Cipta Karya, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Sekretaris DPRD dan Direktur RSUD Indramayu.
Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Indramayu, Drs. H. Eddy Mulyadi, MM, menjelaskan, promosi terbuka untuk pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) mulai tahun ini wajib dilaksanakan Pemda. Hal ini mengacu dengan keluarnya Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2014 tentang Tata Cara Pengisian JPT secara Terbuka di Lingkungan Instansi Pemerintah. Sebelumnya hanya instansi pusat yang melaksanakan promosi terbuka, itu pun baru sebatas pada eselon III, kini daerah juga harus melaksanakan. Dulu belum kita paksakan karena baru sebatas pada surat edaran saja. Sekarang sudah ada peraturan, mau tak mau harus laksanakan, jelas Eddy di ruang kerjanya, Jumat (20/3).
Lebih lanjut Eddy menjelaskan, keharusan Pemda mengisi jabatan eselon I dan II lewat promosi terbuka. Karena sudah diamanatkan dalam Undang-undang Aparatur Sipil Negara (ASN). Di dalam undang-undang tersebut, peran kepala daerah untuk menempatkan pejabat atau mutasi dibatasi. Kepala daerah tidak bisa lagi menempatkan pejabat yang tidak sesuai keahlian. Sebab, ada tim seleksi yang akan memilih calon pejabatnya. Setelah diperoleh tiga nama yang dijagokan, baru kepala daerah menentukan siapa paling layak, tegasnya.
Eddy menambahkan, melalui lowongan terbuka ini dipastikan pejabat yang terpilih merupakan orang yang benar-benar kompeten sesuai bidangnya. Mereka akan mengikuti proses seleksi yang dilakukan oleh tim seleksi independen dengan Ketua Rektor Unwir, DR Ujang Suratno, SH, M.Si. tim seleksi juga akan melihat rekam jejak (track record) dari calon-calon pejabat yang mendaftar. Mereka juga akan menjalani tes tertulis, harus membuat rencana strategis (restra) dan menyampaikan visi misi mereka ketika nantinya menduduki jabatan, ucapnya.
Camat Kandanghaur, Dudung Indra Ariska, SH, MH menyambut positif pembukaan lowongan pejabat secara terbuka ini. “Ini sangat bagus dan positif, karena pejabat yang terpilih nanti benar-benar orang yang tepat ssesuai bidangnya. Melalui seleksi terbuka ini dipastikan tidak ada lagi istilah like dan dislike dalam pengangkatan pejabat,” kata Dudung.(Armo).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar