Cari Blog Ini

Minggu, 12 Juni 2016

SDN Babakan Jaya II Mengembangkan Kesenian Daerah




Kepsek Uud Hudijo SIP, SPd, Ka UPTD Sinar Agung SPdI, MSi  dan Kuwu (Kepala Desa-Red) Sumai SE di SDN Babakan Jaya II.

(Indramayu, Dialog)-SDN Babakan Jaya II di Kecamatan Gabuswetan Kabupaten Indramayu dewasa ini mengembangkan kesenian tradisional daerah dramayon. Ketika diadakan pelepasan kelas VI hari sabtu (4/6) lalu, siswa-siswa yang tergabung dalam gamelan “Indra Giri” asuhan Pandu Yogaswara memeriahkan  acara tersebut. Gamelan mengiringi upacara adat lengseran, serta beraneka ragam tarian seperti tari lenyepan, tari merak, tari topeng, dan jenis tari lainnya.  Bahkanditampilkan pula kreasi seni sandiwara anak-anak dan berbagai nyanyian.
Hadir pada pelepasan itu Kepala Sekolah Uud Hudijo SIP, SPd SD beserta para guru, Kepala UPTD Pendidikan Gabuswetan Sinar Agung SPdI, MSi, Kuwu Babakan Jaya Sumai SE, Ketua Komite Sekolah Carlisa, Tokoh Masyarakat Wartim, para orang tua siswa, dan undangan lainnya.
Kepala Sekolah dalam sambutannya mengemukakan diadakannya ekstra kurikuler gamelan jawa dan tari-tarian daerah ini merupakan upaya untuk menanamkan kepada para siswa rasa cinta terhadap budaya daerah sendiri, serta sebagai upaya memelihara dan melestarikan budaya daerah dramayon.“Gamelan sarat dengan nilai-nilai karakter yang berguna untuk mendidik watak para siswa dengan jiwa kebersamaan, tenggang rasa, tanggung jawab, saling menghormati satu sama lain, sehingga anak-anak menjadi pribadi yang senantiasa bersikap dan berperilaku sopan santun, berbudaya, dan berkepribadian”, jelas Uud Hudijo.
Kepala UPTD Pendidikan Gabuswetan Sinar Agung SPdI, MSi dalam sambutannya memberikan apresiasi terhadap kegiatan kesenian daerah di SDN Babakan Jaya II. “Ini merupakan SD kebanggaan kami, karena di sekolah ini kesenian daerah telah berkembang dengan baik dimana gamelan dan sandiwaranya sudah layak ditonton oleh masyarakat. Seni ini harus terus dibina dan dipelihara terus”, tegasnya.
Karena itu pula upacara pelepasan kelas VI sangat dinantikan para orang tua murid karena pada kegiatan itu mereka dapat menyaksikan langsung anak-anaknya tampil dipanggung menunjukkan kreasi seni. Ketua Komite Sekolah Carlisa dalam sambutannya mengemukakan, pengembangan seni gamelan dan berbagai tarian daerah sangat disetujui para orang tua murid dan segenap warga karena memang sebagian besar masyarakat Desa Babakan Jaya merupakan pencinta kesenian daerah.
Jalinan kerjasama sekolah dengan komite tidak hanya dalam penyelenggaraan kesenian daerah, tetapi juga dalam pembangunan sarana pembangunan. Tahun lalu para orang tua telah ikut memperindah lingkungan sekolah dengan membangun monumen gapura pintu masuk sekolah. Kepala Sekolah berterima kasih terhadap kepedulian komite sekolah itu. “Walaupun belum jadi tapi bangunannya cukup bagus” ungkapnya
 Ketua Komite Sekolzh Carlisa pun menyambutnya dengan mengemukakan bahwa orang tua siswa akan meneruskan kepedulian mereka. “Insya Allah pada tahun pelajaran 2016/2017 kami akan meneruskan pembangunannya”,tuturnya.

Pada pelepasan lulusan itu, Kepala Sekolah bersama Ketua Komite menyerahkan hadiah kepada para siswa terbaik dan penabung terbesar dari kelas I hingga kelas VI, serta penghargaan bagi siswa yang berprestasi di tingkat kecamatan yaitu Aceng Regina Pratiwi juara III Catur O2SN, dan Satria Safarudin Sidik sebagai juara II MTQ Putra pada Pentas PAI. (dedi/syafrudin).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar