Cari Blog Ini

Senin, 20 Juni 2016




Sambutan Kepala SMPN 3 Gantar Kalipan SPd pada pengumuman  kelulusan kelas IX sabtu 11 Juni 2016.

(Indramayu, Dialog)- Pengumuman kelulusan para siswa kelas IX SMPN 3 Gantar Kabupaten Indramayu dilaksanakan sabtu malam (11/6) seusai ditunaikannya sholat isya dan tarawih bertempat di halaman sekolah. Petang itu,  menjelang maghrib para siswa kelas IX berdatangan ke sekolah, masing-masing membawa sajadah dan makanan. Begitu tiba waktu maghrib, setelah minum mereka sholat maghrib berjamaah, kemudian buka bersama. Hadir pada kesempatan itu Kepala Sekolah Kalipan SPd, Wakasek, guru-guru, dan karyawan tata usaha.
            Setelah sholat isya dan sholat tarawih, acara dilanjutkan dengan sambutan Kepala Sekolah dan pengumuman kelulusan. Dalam sambutannya Kalipan SPd menyatakan  gembira karena buka bersama itu menunjukkan kekompakan dan eratnya jalinan silaturahmi diantara pendidik dengan peserta didik. Ia mengajak kepada para siswa untuk senantiasa bersyukur bahwa Allah Swt telah menganugerahkan keajaiban kepada diri kita masing-masing berupa mata, telinga, dan hati, sehingga dapat melihat, mendengar, dan merasakan. Dengan keajaiban panca indra itu kita bisa belajar berbagai ilmu pengetahuan.
“Kita bersyukur bahwa proses pendidikan telah berlangsung dengan aman dan lancar sesuai dengan tahapan yang telah ditentukan. Nilai yang diperoleh dalam ujian nasional merupakan hasil kerja para siswa sendiri karena memang UN merupakan ujian yang penuh dengan integritas dan kejujuran. Saya harapkan para lulusan mau dan mampu meneruskan pendidikannya ke SLA”, kata Kepala Sekolah.
Menurut Wakasek bidang Akademi Saifudin Zuhri SPd, siswa kelas IX SMPN 3 Gantar tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 82 orang, lulus semuanya. Tiga orang yang meraih nilai tertinggi pada ujian nasional adalah Nurmala Ayu Lestari dengan perolehan nilai 248, Ani Nurlaela dengan nilai 226, serta Dewi Roh Larasati dengan nilai 224,5.
Dalam suasana menjalankan ibadah puasa, siswa SMPN 3 Gantar melaksanakan berbagai aktivitas pembelajaran akademik yang bersifat religious . Setelah pengumuman kelulusan diadakan dalam suasana tasyakuran, kegiatan keagamaan dilanjutkan dengan pesantren ramadhan yang diadakan dari 16 sampai 20 Juni 2016 diikuti para siswa kelas VII dan VIII. Kemudian diadakan gerakan mengumpulkan zakat fitrah, serta membagikan hasil zakat fitrah bagi para mustahik baik masyarakat lingkungan sekolah maupun di lingkungan para siswa itu sendiri. Kegiatan rohani yang merupakan salah satu bentuk ekstra kurikuler adalah diadakannya bimbingan baca tulis Al-Qur’an terhadap para siswa, Bimbingan itu dilaksanakan oleh 3 orang guru agama yaitu Kusnadi SpdI, Moh. Zakaria SpdI. Dan Afifudin MPdI.
Kaitannya dengan penerimaan siswa baru, dalam penjelasannya kepada Dialog, Kepala Sekolah mencanangkan akan menerima 4 rombel sebanyak 144 siswa baru yang berasal dari 5 SD pendukung. Menyambut akan dijadikannya SMPN 3 Gantar sebagai pilot proyek kurtilas pada tahun pelajaran 2016/2017, maka Kalipan SPd memprogramkan adanya kelas unggulan dimana para peserta didik baru yang memiliki AQ diatas rata-rata dikumpulkan dalam satu rombongan belajar sehingga memudahkan dalam pembinaan dan pembimbingannya.

“SMPN 3 Gantar selalu berupaya guna meningkatkan prestasi akademik. Sesuai dengan visi dan misi sekolah, salah satu tujuan sekolah ini adalah menghasilkan lulusan yang berakhlakul karimah, berbudaya, dan kompetitif dengan menunjukkan kualitas seluruh mata pelajaran serta peraihan prestasi yang memuaskan ditandai dengan peningkatan kualitas kelulusan dan ketuntasan belajar”, pungkasnya. (syafrudin/dedi s)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar