Cari Blog Ini

Jumat, 24 Juni 2016

Gratis Masuk SMK Seni di Sukamelang Kroya

(Indramayu, Dialog)- Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Gabuswetan Kabupaten Indramayu, Sinar Agung SPdI, MSi merasa prihatin terhadap masih adanya anak-anak usia sekolah yang droup out setelah lulus sekolah lanjutan pertama karena menghadapi masalah dalam hal pembiayaan. Ia merasa terpanggil untuk membantu mereka yang droup out agar bisa melanjutkan pendidikan. Oleh karena itu, ia yang juga sebagai Ketua Yayasan Sabda Guru Indramayu mendirikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) berlokasi di Sukamelang kecamatan Kroya. “Anak-anak gratis menjadi peserta didik, tidak membayar DSP tahunan dan DSP bulanan, bahkan begitu masuk siswa baru secara gratis mendapatkan 4 stel pakaian dari sekolah terdiri dari seragam abu-abu, seragam SMK, pakaian program, dan pakaian olahraga”, jelasnya  sewaktu ditemui Dialog di ruang kerjanya.
Diadakan di Kroya karena sekolah itu berdiri pada tahun 2014 sewaktu Sinar Agung SPdI, MSi melaksanakan tugas selaku Ka UPTD Pendidikan Kecamatan Kroya. Sekolah itu diberi nama “SMK Seni” membuka 4 paket keahlian yaitu Seni Terpadu (ST), tehnik sepeda motor (TSM), Multi Media (MM), dan Administrasi Perkantoran (AP). Setelah dibuka tahun 2014 maka pada tahun ajaran 2015/2016 mulai menerima peserta didik baru. Di tahun pertama ini tercatat ada 126 siswa baru untuk dua jurusan yaitu TSM dan MM, diharapkan pada tahun pelajaran 2016/2017 keempat paket keahlian yang diadakan akan ada peminatnya.Kenapa dinamakan SMK Seni ?, karena didirikannya sekolah ini selain untuk membantu mereka yang droup out, juga sebagai upaya Yayasan Sabda Guru menumbuhkan generasi penerus yang mampu menjaga, meneruskan, dan melestarikan budaya tradisional yang ada di wilayah Indramayu. Karena itu pula paket keahlian Seni Terpadu dikembangkan dengan memberikan keilmuan tentang seni rupa, seni music, seni kriya, dan seni pertunjukkan. “Setelah lulus dari SMK, saya harapkan dengan kemampuan seni yang dimilikinya, anak-anak menjadi percaya diri dan hidup secara mandiri”, harapnya.

Dikatakan Agung, Adanya SMK Seni di Sukamelang tentu saja mendapat sambutan positif dari masyarakat yang ada di wilayah Kecamatan Kroya dan sekitarnya. Selain meringankan biaya pendidikan juga lokasinya yang strategis dekat jalan raya sehingga mudah dijangkau dari berbagai tempat.Yayasan Sabda Guru Indramayu sebagai pendiri SMK ini sejak didirikan tahun 2009 aktif dalam berbagai kegiatan pendidikan meliputi pendidikan TK/Paud yang ada di 7 tempat yaitu di Sumbon Kroya, Loskerep Terisi, Jatimunggul, Cibereng, Manggungan, Cikawung blok Ciselang, dan Tanjungkerta. Selain itu yayasan giat juga dalam PKBM Kawah Candradimuka di Sumbon memberikan pendidikan paket A,B, dan C. Kemudian mengadakan Majelis Taklim Al Istiqomah di Kedokan Gabus, DTA/MDA An Nur di Kedokan Gabus, serta menyelenggarakan sanggar musik untuk melatih keahlian music bagi anak-anak dan orang tua. Pungkasnya.(dedi/syafrudin).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar