Cari Blog Ini

Kamis, 11 Juni 2015

Saefullah Abu Bakar lulus S2 Bahasa Arab Dengan Kumlaude IPK 3,84



Saefullah Abu Bakar MPdI dan keluarga, seusai wisuda di  UIN 

(Indramayu, Dialog)- Saefullah Abu Bakar warga Gantar Kabupaten Indramayu berhasil lulus S2 dengan IPK 3,84 (kumlaude) pada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan program studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.
Atas keberhasilannya itu, minggu (24/5) iapun mengikuti wisuda yang digelar dalam sidang senat terbuka UIN dipimpin rektor Prof. Dr. Dede Rosada bertempat di  Auditorium Prof Dr. Harun Nasution yang merupakan wisuda ke 96 semester genap tahun akademik 2014/2015.  Wisudawan dan Wisudawati seluruhnya berjumlah 1.069 orang terdiri S1 dari berbagai Fakultas 1.025 orang, S2 berbagai Fakultas 19, S2 Program Magister 14 orang, dan S3 Program Doktor 11 orang. Seusai Wisuda ia menerima penghargaan sebagai wisudawan terbaik prodi PBA program magister dari Dekan Prof. Dr. Ahmad Thib Raya MA.
Thesis yang disusun Saefullah Abu Bakar tentu saja berbahasa arab yang berjudul “Manhaj Lughotil Arobiyah fii madrosati Al-Zaytun al-Mutawassitoh wa dauruhu fii takwiin al-biah al-lughowiyah” yang artinya Peran kurikulum bahasa arab di madrasah tsanawiyah Al-Zaytun dalam pembentukan miliu berbahasa.
Intisari dari thesis itu menguraikan bahwa pesantren di Indonesia memiliki hiden curriculum atau kurikulum khusus dalam menjembatani menuju visi dan misinya. Begitu pula dengan MTs Al-Zaytun, memiliki kurikulum khusus yang diharapkan mampu membentuk lingkungan bahasa dalam rangka mencapai tujuan pendidikan untuk menguasai Ilmu Al-Qur’an dan memahaminya, serta menguasai bahasa-bahasa antar bangsa.
Menulis thesis seperti itu karena memang Saefullah Abu Bakar selama ini mengabdikan diri sebagai seorang guru bahasa arab di Ma’had Al-Zaytun Gantar, serta aktif sebagai Ketua Komite Bahasa di ma’had tersebut. Menurutnya, awal kemampuan berbahasa Arab diperolehnya sewaktu menjadi santri di Pesanten Gontor. Setelah lulus dari Gontor iapun mengajar di Ma’had Al-Zaytun. Sambil mengajar mendapat izin untuk meneruskan pendidikan. S1 diraih tahun 2008 dari Universitas Islam Jakarta dengan skripsi berjudul Daur Al’ab lughowiyah fi ta’lim al-Arobiyah yang artinya Efektivitas game-game dalam pembelajaran bahasa.
Ketika wisuda S2 di UIN Jakarta, Saefullah Abu Bakar MPdI (37) didampingi isteri Yuyun Khodijah dan keluarga. Mereka berdua saat ini sudah dikaruniai 3 orang anak yaitu Syabastian Karim, Xena Xenia, dan Heiwa. “Saya bersyukur kepada Allah Swt atas keberhasilan ini, semoga bermanfaat bagi agama, negara, dan keluarga.  Saya ingin mempraktekkan ilmu kebahasaan ini baik di Ma’had Al-Zaytun maupun di tengah masyarakat”, pungkasnya. (Dedi S/Syafrudin).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar