Cari Blog Ini

Kamis, 11 Juni 2015

Kelas IX SMPN 1 Gantar Sungkem Kepada Kepala Sekolah dan Isteri




Nampak dalam gambar Kepala SMPN 1 Gantar H. Moh. Sahal dan Hj. Tuslikha  menerima sungkeman dan mengalungkan medali pada pelepasan siswa kelas  IX

Kelas IX SMPN 1 Gantar Sungkem Kepada Kepala Sekolah dan Isteri

(Indramayu, Dialog)- Siswa-siswi SMPN 1 Gantar Kabupaten Indramayu begitu mencintai terhadap seni tradisional. Hal itu nampak sewaktu dilangsungkan prosesi pelepasan kelas IX sabtu (23/5), anak-anak tidak canggung melaksanakan rangkaian upacara adat sunda. Gamelan dan segala instrumennya dimainkan oleh para siswa, begitu juga lengser, pengiring dan penari, semuanya siswa kelas VII dan VIII dengan bimbingan guru kesenian dan para pendidik lainnya. “Latihan memainkan gamelan dilakukan seminggu sekali dalam beberapa bulan, sedangkan latihan upacara adatnya hanya dilakukan selama beberapa hari. Alhamdulillah anak-anak mampu memainkan secara benar, lancar dan sukses”, jelas Ketua Panitia Eman Hidayat SPd.
            Pada prosesi pelepasan itu, Kepala SMPN 1 Gantar H. Moh. Sahal SPd dan isterinya Hj.Tuslikha maju ke tempat acara lalu duduk diatas kursi, kemudian lengser bersama para pengiring dan penari menjemput dua orang perwakilan siswa untuk datang ke depan.  Sesampainya di depan, kedua siswa itu sungkem kepada Kepala Sekolah dan isteri, lalu menerima nasihat agar mampu menghadapi kehidupan dengan baik dan berahlak mulya. Sebagai tanda pelepasan, H. Moh. Sahal SPd didampingi isteri, Ketua Komite Sekolah, Kepala UPTD Pendidikan, Muspika, Wakasek dan guru-guru mengalungkan medali sekolah terhadap 250 orang siswa kelas IX, satu persatu, kemudian bersalam-salaman satu sama lain.
            Dalam sambutannya, H. Moh. Sahal mengemukakan selama 3 tahun guru-guru telah membina dan mendidik para siswa, dan anak-anak pun mengikutinya dengan disiplin. “Kami bersyukur anak-anak selama ini belajar secara tekun bukan saja pada jam-jam pelajaran biasa tetapi juga pada jam-jam tambahan belajar siang hari menjelang ujian sekolah dan ujiannasional. Dengan ketekunan yang telah ditunjukkan, kami optimis pada saat kelulusan diumumkan tanggal 10 Juni 2015, siswa kelas IX akan lulus 100 persen. Pengumuman akan dilakukan melalui Kantor Kepala Desa masing-masing”, katanya.
            Kepada orang tua siswa, H. Moh. Sahal mengharapkan agar lulusan SMPN 1 Gantar tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak 250 orang semuanya meneruskan pendidikannya ke SLTA. Harapan yang sama disampaikan pula oleh Ketua Komite Sekolah Sudari SAg, MM. “Jangan merasa cukup hanya lulus dari SMP tapi teruskanlah pendidikan ke SLA dan jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi. Kita berdo’a agar dihari mendatang akan ada lulusan SMPN 1 Gantar yang menjadi pejabat tinggi. Setelah lulus jangan ada aksi corat coret pakaian tapi lakukanlah sujud syukur dan kumpulkanlah pakaian bekas untuk kegiatan sosial”, harapnya.
            Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Gantar Malik Ibrahim SPd dalam sambutannya menyatakan “Angkat Jempol” terhadap SMPN 1 Gantar yang selama ini selalu menunjukkan prestasi dalam berbagai aktivitas baik akademik maupun ekstra kurikuler. Dibidang akademik, pada tahun 2015 sekolah ini menduduki peringkat ke 8 bidang matematika se Kabupaten Indramayu serta berhasil meraih juara ketiga lomba karya ilmiah remaja antar siswa SMP se Kabupaten Indramayu. Pada lomba LKBB antar SMP/MTs se Pulau Jawa yang  di SMK PGRI Jatibarang bulan Mei 2015SMPN 1 Gantar berhasil menjadi Juara Umum dan Juara Utama I karena tercatat sebagai Regu Potensial, Komandan Terbaik I, Pasukan Terbaik III, Mojang Paskibra, dan PBB Dasar Terbaik I. (Syafrudin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar