Cari Blog Ini

Minggu, 21 Juni 2015

Pelepasan Kelas IX SMPN 1 Losarang




Kepala SMPN 1 Losarang H. Soim Muhadir SPd, MPd dan Ketua  Komite  Drs. Teja Sukmana menerima sungkem siswa kelas IX

(Indramayu, Dialog)- Bertempat di halaman dalam sekolah, kamis (11/6) dilangsungkan pelepasan kelas IX SMPN 1 Losarang. Prosesi pelepasan dilaksanakan dalam suasana upacara adat jawa, Kepala Sekolah H. Soim Muhadir SPd, MPd dan Ketua Komite Sekolah Drs. Teja Sukmana naik ke panggung, lalu para siswa kelas IX diwakili dua orang yaitu Dafi dan Rasto juga naik ke panggung untuk menghadap, kedatangannya didampingi pengawal berpakaian adat. Kepala Sekolah melucuti antribut sekolah dari kedua siswa itu, kemudian menyerahkan atribut itu kepada Ketua Komite Sekolah sebagai gambaran bahwa siswa yang telah menyelesaikan pendidikan selama 3 tahun diserahkan kembali oleh sekolah kepada orang tua murid.
Setelah kedua siswa sungkem kepada Kepala Sekolah dan Ketua Komite, dilanjutkan dengan pengalungan medali kepada kelas IX oleh masing-masing wali kelas dimana lulusan tahun pelajaran 2014/2015 ada 9 rombel berjumlah 364 siswa. Lima siswa yang meraih nilai ujian nasional tertinggi antara 300 hingga 344 menerima penghargaan dari sekolah. Kelima orang itu adalah Dafi Fischellya, Eva Nur Khofifah, Kiki Octaviani, Ika Monita, dan Sri Lailatin. Acara pelepasan diakhiri bersalam-salaman antara para siswa dengan Kepala Sekolah, Pengurus Komite, dan guru-guru.
Banyak Berprestasi
            Kepala Sekolah H. Soim Muhadir SPd, MPd dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan orang tua serta mohon maaf bila ada kesalahan dan kekurangan selama ini, seraya mengharapkan setelah lulus SMP anak-anak meneruskan pendidikannya ke sekolah lanjutan tingkat atas, mampu menjaga nama baik sekolah dan rajin belajar supaya berprestasi. Ia juga mengemukakan bahwa dewasa ini dirinya telah dialihtugaskan menjadi Kepala SMPN 1 Gabuswetan. “Setelah 5 tahun bertugas di Losarang saya dipindahkan ke Gabuswetan. Mohon maaf bila ada kekurangan, saya pamit, dan menyampaikan salam hormat kepada semua orang tua siswa”, ungkapnya.
            Kepindahan itu tentu saja menyentuh hati para pendidik dan orangtua siswa karena selama kepemimpinan H. Soim Muhadir SPd, MPd telah banyak prestasi yang dicapai ditandai dengan diraihnya berbagai penghargaan dan trophy dalam berbagai kejuaraan bidang akademik dan non akademik seperti LKBB, kesenian, dan olahraga. Bahkan pada tahun 2013 telah menerima penghargaan sebagai Sekolah Adiwiyata Nasional.
            Ketua Komite Sekolah Drs. Teja Sukmana mengemukakan biasanya alihtugas berlangsung setiap 4 tahun, tapi H. Soim baru dipindah setelah 5 tahun. “Ini merupakan suatu kehormatan karena memang selama 2 tahun ini banyak prestasi yang dicapai oleh SMPN 1 Losarang, bukan saja ditingkat kabupaten dan propinsi, melainkan hingga tingkat nasional.

            Dalam rangkaian acara pelepasan, banyak aktivitas yang dilaksanakan para siswa yaitu mementaskan berbagai tari nasional dan tari daerah seperti tari terbang dan tari topeng, menyanyi baik perseorangan maupun vocal group, demo menggambar sketsa, pembacaan puisi serta penampilan group band siswa SMEGLOS. (Dedi S/Syafrudin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar