Cari Blog Ini

Kamis, 11 Juni 2015

Krisis Air Bersih Kerap Melanda Sejumlah Daerah Di Kabupaten Indramayu, PDAM Siapkan Mobil Tangki Pengangkut Air Bersih

(Indramayu, Dialog)- PDAM Tirta Darma Ayu Kabupaten Indramayu akan memberikan bantuan air bersih. Bahkan sudah menyiapkan sejumlah mobil tangki keliling pengangkut air. Pasalnya, di musim kemarau krisis air bersih kerap melanda sejumlah daerah di Kabupaten Indramayu. 
Direktur Umum PDAM Tirta Darma Ayu Indramayu, Endang Effendi, SE, MM, menjelaskan, pokoknya tidak usah khawatir. Kami sudah menyiapkan sejumlah mobil tangki untuk mengangkut air bersih ke sejumlah wilayah yang membutuhkan. Persiapan armada rutin dilakukan setiap tahun menjelang musim kemarau. Armada tangki yang berkapasitas 3.000 meter kubik per unit tersebut akan diluncurkan ke daerah-daerah yang mengalami krisis air bersih. Bagi masyarakat di suatu daerah yang mengalami krisis air bersih, jangan segan-segan untuk minta bantuan ke PDAM. Silakan ajukan permohonan bantuan. Tapi permintaan itu harus dilakukan secara tertulis dan resmi oleh Kuwu masing-masing desa, jelasnya.
Lebih lanjut Endang menjelaskan, pengajuan secara tertulis itu dimaksudkan untuk tertib administrasi dan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Berdasarkan pengalaman beberapa tahun lalu, pengajuan permintaan bantuan air yang tak dilakukan secara tertulis menyebabkan terjadinya aksi saling rebut air antar warga. Bahkan, terjadi aksi hadang armada tangki air oleh warga di jalan. Jumlah desa yang meminta bantuan pasokan air bersih dari armada tangki keliling selalu menurun setiap tahunnya. Hal itu menyusul pelayanan PDAM yang kini semakin bertambah di berbagai daerah, tegasnya.
Endang menambahkan, untuk tahun 2014 lalu, ada sekitar 20 desa yang mengajukan permintaan bantuan pasokan air bersih. Sedangkan tahun ini, belum ada yang mengajukan permintaan itu sampai saat ini, imbuhnya.

Sementara di tempat terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indramayu, Drs. Edi Kusdiana, MM, menuturkan, sampai saat ini belum ada laporan terkait krisis air bersih. Kendati demikian, Indramayu tetap berpotensi mengalami kekeringan, tuturnya.(Kad/Dad)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar