Cari Blog Ini

Kamis, 20 Juni 2013

LPM Harus Mampu Merencanakan dan Mengendalikan Pembangunan Desa

(Indramayu, Dialog)- Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) yang ada disetiap desa harus dapat membantu Kepala Desa (Kuwu) dalam merencanakan, mengontrol, serta mengendalikan pembangunan desa sehingga pelaksanaan pembangunan dapat terwujud dengan baik sesuai dengan yang diprogramkan. Demikian dikemukakan Ketua DPD LPM Kabupaten Indramayu Dra. Hj. Siti Ubaidah, MM ketika mengadakan kunjungan kerja ke Desa Patrol Lor Kecamatan Patrol Kabupaten Indramayu, Selasa (18/2) bertempat di Balai Desa setempat.
            Ia menyarankan Kuwu beserta lembaga-lembaga desa lainnya bekerjasama menyusun proposal berbagai pembangunan desa dam diajukan ke berbagai instansi terkait. “Saya selaku Ketua DPD LPM siap memfasilitasi sekaligus membantu kelancarannya supaya desa-desa semakin maju dan berkembang”, tegasnya.
            Hadir pada acara itu Camat Patrol diwakili Kasi PM H. Sadim, Kuwu Patrol Lor Sutarman, Kuwu Sukahaji H. Mukrowi, serta para pengurus LPM, BPD, TP PKK, dan tokoh masyarakat dari desa Patrol Lor dan desa Sukahaji. Kunjungan kerja diselenggarakan dalam rangka konsultasi sekaligus membenahi kepengurusan LPM di 317 desa se Kabupaten Indramayu sehingga kegiatan seperti itu akan diadakan pula ke desa-desa lainnya secara bertahap dan berkesinambungan.
            Mengingat tugas pokok dan fungsi LPM yang sangat strategis dalam memajukan desa maka pengurus LPM harus memiliki SDM yang mumpuni baik yang berkaitan dengan administrasi, managemen, pemerintahan dan pembangunan desa, serta pengetahuan lainnya, sehingga peranan dalam merencanakan dan mengendalikan pembangunan  desa dapat terrealisir semaksimal mungkin.
            Guna menunjang peningkatan SDM itu maka DPD LPM Kabupaten Indramayu memprogramkan memberikan bantuan beasiswa sebesar 40 persen terhadap pengurus LPM Desa yang meneruskan pendidikan ke S1 dan S2. “Sebagai langkah awal pada tahun 2013 imi pemberian beasiswa itu diberikan kepada pengurus LPM desa di wilayah kecamatan Gabus Wetan sebanyak 15 orang S1, serta di wilayah kecamatan Patrol 11 orang S1 dan seorang S2”, jelas Hj. Siti Ubaidah.
            Selain itu, DPD LPM Kabupaten Indramayu juga memprogramkan berbagai pelatihan bagi masyarakat desa seperti latihan penanaman pohon obat-obatan semisal jahe, latihan pembuatan pakan ternak guna menunjang kelancaran peternakan, latihan pemeliharaan ikan lele, latihan menjahit, dan keterampilan lainnya. (Syafrudin/Dedi.S)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar