Cari Blog Ini

Selasa, 31 Mei 2016

Pelepasan 423 Siswa SMPN 1 Kandanghaur




Paling depan Ketua Komite Sekolah H. Jubaedi Rahman SAp,  MSI, Kepala SMPN 1 Kandanghaur Cecep Mujamil SPd, MSi, dan Kepala UPTD  Pendidikan H. Ipin Arifin SPdI, MM

(Indramayu, Dialog)-Kepala SMPN 1 Kandanghaur Kabupaten Indramayu, Cecep Mujamil SPd, MSi melepas 423 peserta didik kelas IX yang telah dinyatakan lulus dalam rapat dewan guru. Mereka terdiri dari lulusan reguler sebanyak 347 siswa dan lulusan SMP Terbuka yang diadakan di SMPN 1 Kandanghaur sebanyak 76 orang. Penyerahan siswa kepada orang tua dilakukan secara simbolik dalam rangkaian upacara adat, dari Kepala Sekolah kepada Ketua Komite Sekolah H. Jubaedi Rahman SAg, MSi dalam rangkaian acara pelepasan pada sabtu (21/5)  di halaman depan sekolah.
            “Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada para guru yang selama ini mengabdikan diri memberikan bimbingan dan didikan kepada peserta didik sesuai dengan ilmu dan keahliannya. Kami juga merasa respek terhadap para orang tua siswa yang telah memberikan kepercayaan kepada sekolah untuk membina dan mendidik anak-anaknya. Setelah 3 tahun, anak-anak pun telah menyelesaikan pendidikan disini dan dinyatakan lulus. Kami kembalikan anak-anak ke orang tua, semoga hasil pendidikn disini akan bermanfaat bagi masa depan mereka”, jelas Kepala SMPN 1 Kandanghaur, Cecep Mujamil SPd, MSi.
            Ketua Komite Sekolah H. Jubaedi Rahman SAg, MSi pun menerima penyerahan itu seraya berkata : “Atas nama orang tua murid, kami selaku Ketua Komite Sekolah mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Kepala Sekolah dan guru-guru yang dengan penuh kesabaran telah membimbing dan mendidik anak-anak kami, semoga amal ibadah Bapak dan Ibu Guru mendapatkan pahala dari Allah Swt”.
            Sekalipun hasil ujian nasional belum diumumkan namun kelas IX SMPN 1 Kandanghaur sudah dinyatakan lulus. Dalam penjelasannya kepada Pers, Kepala Sekolah mengemukakan : “Dewan guru dalam rapatnya telah menetapkan ke 423 siswa itu LULUS karena memang mereka telah memenuhi tiga kriteria kelulusan. Pertama, peserta didik telah mengikuti seluruh program pendidikan yang diselenggarakan sekolah. Kedua, nilai sikap moral mereka ‘baik’. Dan Ketiga, peserta didik telah mengikuti ujian sekolah”.
            Kepala UPTD Pendidikan Kandanghaur H. Ipin Arifin SPdI, MM dalam sambutannya menyatakan salut terhadap berbagai keberhasilan SMPN 1 Kandanghaur dalam melaksanakan pendidikan selama ini, baik dalam bidang akademik maupun non akademik. “Saya mengucapkan selamat atas kelulusan para peserta didik, dan mengharapkan kepada para orang tua siswa agar melanjutkan pendidikan anak-anak mereka ke sekolah lanjutan tingkat atas”, katanya.
Pada tahun pelajaran 2015/2016 banyak prestasi yang telah ditorehkan oleh SMPN 1 Kandanghaur baik dalam bidang akademik maupun bidang non akademik. Dibidang akademik menjadi Juara III tingkat Jawa Barat dalam Lomba Motivasi Belajar Mandiri (Lomojari)  yang diselenggarakan Disdik Provinsi Jawa Barat, dan guru Dewi Pujiani SPd masuk seleksi 1 dalam lomba inovasi guru pamong SMP Terbuka tingkat nasional yang diadakan Kemendikbud RI.

            Dibidang non akademik, diantara prestasi yang diraih adalah juara I lomba gerak jalan tingkat kecamatan dan juara I dalam LT II Kwarran Kandanghaur. Selain itu juga menjadi juara II putra MTQ pelajar se Kandanghaur,  Juara Utama 1 P3K, Juara 1 Tandu dan juara 1 P3K dalam lomba kepalangmerahan di SMAN 1 Krangkeng, Juara II Yelling terbaik dalam Jaliteng lomba pramuka se Jabar di SMAN 1 Kandanghaur. Begitu pula dalam LKBB, tim sekolah ini sering menjadi juara dalam berbagai perlombaan. (dedi s/syafrudin).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar