Cari Blog Ini

Jumat, 20 Mei 2016

MTs N Lohbener Siap Menjadi MTs Negeri Unggulan



(Indramayu, Dialog)-Tidak berlebihan kalau Kantor Kementerian Agama Kabupaten Indramayu mengusulkan Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTs.N) Lohbener Kabupaten Indramayu untuk menjadi MTs.N Unggulan di Kabupaten Indramayu. Pasalnya memang baik sarana maupun prasarana dan tenaga pengajar beserta Staf TU sudah siap untuk menjadikan MTsN Lohbnener menjadi MTsN Unggulan. Apalagi saat Ujian Nasional (UN) baru lalu MTsN Lohbener satu-satunya sekolah setingkat SLTP (Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama) yang menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) se Kabupaten Indramayu, bahkan untuk sekolah MTs-MTs satu-satunya se Jawa Barat yang menggelar UNBK.
Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Indramayu, H. Furqon, S.Ag. M.Si. saat ditemui Dialog dikantornya mengatakan, kami dari Kemenag Kabupaten Indramayu memberikan apresiasi kepada MTsN Lohbener yang telah sukses menggelar UNBK. Dimana MTsN Lohbnener satu-satunya  sekolah setingkat SLTP di Kabupten Indramayu yang mampu menggelar UNBK, bhkan untuk MTs-MTs se Jawa barat baru satu-satunya MTsN Lohbnener yang menggelar UNBK, tutur Furqon.
Dikatakan Furqon, dengan prestasi dan kesiapan MTsN Lohbnener, kami pihak Kemenag memang mengusulkan bersama dengan MTsN karangampel Kabupaten Indramayu diusulkan untuk menjadi MTsN Unggulan.”terkait MTsN Lohbener bisa melaksanakan UNBK, itu sudah dirintis sejak tahun 2015 saat Kepala MTsN nya di pimpin H. Maman, pada saat itu saya memberikan saran kalau memang siap menggelar UN dengan UNBK silahkan berkoordinasi dengan pihak Komite Sekolah, untuk mempersipakan barangkali ada sarana dan prasarana yang dibutuhkan kurang lengkap untuk bisa dilengkapi. Kebetulan saat pelaksanaan UNBK kepala MTsN nya dipimpin Bapak Taryana, S.Sp. MA. Yang kebetulan juga nyambung dan siap untuk menggelar UNBK di MTsN Lohbener. Dan sebelum digelarnya UNBK saat diadakan simulasi yang saat itu saya juga langsung meninjau, baik Siswa, petugas Protor dan Teknisi serta sarana unit komputer dan server berjalan dengan lancar. Tentunya itu menjadimkeyakinan kami pelaksanaan UNBK akan bisa dilaksanakan dengan baik, “ jelas Furqon.
Forqon menambahkan, diharapkan dengan adanya pelaksaan UNBK di MTsN Lohbener tersebut akan menjadi motivasi bagi sekolahan lainnya khususnya di Indramayu, pada Tahun Ajaran 2016/2017 nanti  untuk dapat mernggelar UN dengan UNBK, tandasnya.
Sementara itu ditempat terpisah Kepala MTs N Lohbnener Taryana, SSp. MA. Saat dimintai komentarnya mengatakan, sebenarnya dengan digelarnya UN dengan sistem UNBK, itu merupakan implementasi mata pelajaran TIK (Teknologi Informasi Komunikasi), namun walaupun Siswa siap mengikuti UNBK, kamipun sudah mempersiapkan sarana dan prasarannya, dimana Komputer yang kami siapkan yakni sebanyak 116 Unit sebanyak 15 unit Komputer kami meminjam dari Madrasah Aliyah (MA) Fatahilah Lohbnener yang kebetulan Kepala MA nya adalah Ketua Komite Sekolah kami, dan 4 Unit Server, 3 unit UPS, dan 1 unit Jenset, dan juga  dengan tenaga proktor dan teknisi yang sudah didiklat di Puspendik Pusat dan oleh Dinas Pendidikan kabupaten Indramayu, terangnya.
Lebihlanjut Taryana menjelaskan, dalam pelaksanaan UNBK tahun ini Siswa kelas 9 yang mengikuti UNBK sebanyak 288 Siswa, dimana dalam pelaksanaan UNBK selama 4 hari dibagi menjadi 3 sesi yang dimulai dari Jam 07.30 – 16.00 Wib.walaupun pada pelaksanaan hari terakhir UNBK dan pada sesi terakhir pada pelaksanaan Jam 14.00 – 16.00 Wib. sempat ada kendala satu server sempat Hang, namun setelah minta petunjuk Puspendik Pusat dan bisa menggunakan server cadangan, sehingga hal itu bisa diatasi dan pelaksanaannya bisa berjalan lancar, jelasnya.
Disinggung MTs.N Lohbener  diusulkan oleh Kantor Kemenag Kab. Indramayu untuk menjadi MTsN Unggulan, Tarsana mengatakan sangat siap se siap-siapnya, karena SDM Pengajar dan jajaran staf serta sarana prasarana sudah siap. “ kita menginginkan MTsN Lohbener lebih maju dan diminati masyarakat, selain itu juga untuk meningkatkan prestasi tentunya harus didukung Kuantitas yakni jumlah siswa dan kualitas atau mutu siswa, seperti yang diprogramkan Menteri Pendidikan bahwa pendidikan harus berbasis IT, mungkin kedepannya sekolah-sekolah yang belum menggelar UNBK akan menggelar UN dengan sistem UNBK. Apalagi oleh Kantor Kemenag Indramayu, MTsN merupakan sekolah percontohan bagai MTs-MTs lainnya di Indramayu,”katanya.
Taryana Menambahkan, sekarang ini MTsN Lohbener memiliki Siswa sebanyak 920 Anak, dengan  21 Rombel untuk KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) 1 ruangan Lab Komputer yang ada dilantai 2, 1 ruangan Guru, ruangan Kepala Madrasah dan TU, 1 ruangan perpustakaan dan  halaman Upacara disatukan dengan sarana Olahraga yang luas. Begitu juga didukung dengan 37 Pengajar, 17 Staf TU. Pada Tahun 2016 ini Prestasi yang diraih para Siswa kami yakni seperti Juara 1 Qiroah Tingkat Kabupaten yang diperoleh Rifki Hamami, pada kegiatan KSM ( Kompetisi Sain Madrasah) Tingkat Kabupaten Indramayu Tahun 2016, Bidang matematika Juara 2 diraih Hidyatul Fikri Siswa kelas 8 Unggulan, Bidang Fisika juara 3 diraih Caca Siswa kelas 8 B” MTs.N Lohbener memang lokasinya strategi walaupun jauh dari Kota Kabupaten namun lokasinya di pinggir jalan Nasional yakni dijalan Celeng Lohbener menuju Kota Indramayu yang mudah dilalui kendaraan Umum. Tentunya MTsN Lohbener saat ini sangat diminati para orang tua untuk menyekolahkan anaknya di sekolahan kami, tahun 2015 saja dari penerimaan siswa baru sebanyak 280 yang daftar sebanyak 360 anak, hal itu membuktikan bahwa minat masyarakat disekolah kami sangatlah tinggi, “ punkasnya.(dadang).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar