Cari Blog Ini

Jumat, 20 Mei 2016

Guna Normalisasi Sungai Sindupraja, PKL di DAS Jatibarang Ditertibkan

(Indramayu, Dialog)-Upaya Normalisasi Sungai Sindupraja di sepanjang Jalan Letnan Joni Jatibarang Kabupaten Indramayu berjalan dengan lancar. Bangunan liar yang berdiri di sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) sudah dibongkar. Meksipun begitu, para pemilik bangunan liar itu tetap tidak mau jauh dari tempatnya yang terdahulu. Mereka memilih untuk menyewa tanah di lokasi yang tidak jauh dari bangunan liar dulu yang telah dibongkar. Bahkan ada juga yang memilih berjualan di tempat semula dengan menggunakan gerobak.
Maman (43) Salah satu pedagang yang memilih menyewa tanah di dekat DAS kepada Dialog mengatakan, dirinya tidak ingin pindah ke lokasi yang jauh dari lapak sebelumnya. Mengingat, ia sudah memiliki usahanya ditempat itu. Bila pindah ke lokasi yang terlalu jauh, ia khawatir penjualannya menurun drastis dan tidak  bisa memenuhi kebutuhan hariannya.“Kami pindah ke seberang jalan, daripada jauh dan terancam kehilangan pendapatan, lebih baik saya sewa pekarangan orang,” jelasnya.
Sementara pedagang lainnya, Juju (45) masih belum memiliki tempat baru untuk menghidupkan usahanya kembali. Setelah membongkar bangunannya sendiri, ia memilih untuk berjualan menggunkan gerobak di tempat lama.“Sudah bertahun-tahun kami jualan di sini. Banyak pelanggan kami, jadi kalau pindah, khawatir tidak laku,” ujarnya.

Juju pun mengaku, para pedagang bersedia untuk mengikuti aturan yang ada. Meski membutuhkan tenaga ekstra untuk mendorong gerobaknya bolak-balik ke rumah, namun Juju tidak mempermasalahkan. “Kita ingin tetap berjualan, tapi tidak menyalahi aturan. Jadi ya harus putar otak. Walaupun harus bolak-balik mendorong gerobak, ya tak apa. Daripada tidak jualan,” katanya.(dede).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar