Cari Blog Ini

Selasa, 31 Mei 2016

Ceramah KH. Cecep Maulana di SMPN 1 Gantar

Dari kiri, Brigadir Subhan SE, KH. Cecep Maulana, dan  Kepala SMPN 1 Gantar H. Moh. Sahal SPd.

(Indramayu, Dialog)- Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya,  pelepasan kelas IX SMPN 1 Gantar  Kabupaten Indramayu  tahun ini dilangsungkan dalam suasana keagamaan yang lebih khidmat karena acara utamanya mendengarkan siraman rohani oleh KH. Cecep Maulana dari Bandung. “Pengajian yang diadakan atas kerjasama sekolah dengan telkomsel ini bertujuan untuk menambah bekal keilmu-agamaan baik bagi para lulusan maupun bagi keluarga besar SMPN 1 Gantar dan orang tua siswa”, jelas Kepala SMPN 1 Gantar   H. Moh. Sahal SPd kamis (19/5) sewaktu memberikan sambutan pada acara itu.
            Pelepasan para lulusan ditandai dengan pengalungan medali oleh Kepala Sekolah kepada semua lulusan yang berjumlah 259 siswa. Anak-anak secara teratur maju ke depan panggung, satu persatu sesuai dengan urutan rombongan belajar. Begitu sampai di depan, setiap siswa dikalungi medali, lalu bersalaman dengan Kepala Sekolah, Pengurus Komite, pejabat dari UPTD Pendidikan, serta dengan para guru lainnya.
Setelah itu, sebagai rasa terima kasih dari para lulusan terhadap para pendidik yang telah mendidik mereka selama ini, maka para lulusan dari setiap rombel secara bersama memberikan tanda mata kepada masing-masing wali kelasnya. “Suasananya lebih Islami, mampu menumbuhkan kesadaran para siswa sebagai generasi muda Islam untuk lebih memahami ajaran-ajaran agamanya. Saya setuju kegiatan yang bernuansa keagamaan bagi peserta didik lebih ditingkatkan frekuensinya”, ungkap Ketua Tanfidziah MWC NU Gantar Ust. Idam Kholid SPd, MSi, yang hadir pada pelepasan itu dalam penjelasannya kepada Dialog.
Humas Komite Sekolah Mulyono dalam sambutannya menyambut baik adanya acara pelepasan seperti itu. Menurutnya, suasana pelepasan terasa lebih adem dan berkesan. Tak ada upacara adat dan hingar bingarnya musik, namun acara ini memberikan wawasan keagamaan yang lebih luas. “Kami juga sangat menghargai para pendidik disini yang telah memberikan pendidikan dan pengajaran dengan sebaik-baiknya sehingga anak-anak selalu menorehkan prestasi dalam berbagai perlombaan keterampilan”, ungkapnya.
Kasi Penor Sutejo SPd yang hadir mewakili Kepala UPTD Pendidikan mengharapkan agar para lulusan SMPN 1 Gantar mau dan mampu meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, baik SMA, Aliyah, ataupun ke SMK. “Apabila dalam melanjutkan sekolah ini ada permasalahan ekonomi yang dihadapi maka fihaknya bisa memfasilitasi seperti dengan kartu BSM dan upaya bantuan lainnya”, katanya.
            KH Cecep Maulana yang pernah menjuarai Aksi Indosiar 2014 dan dikenal dengan sebutan Kiai odong-odong dalam ceramahnya memberikan motivasi kepada para peserta didik untuk tidak merasa rendah diri tetapi harus percaya diri. “Kita harus mempunyai cita-cita yang tinggi. Insya Allah cita-cita itu akan tercapai apabila kita memiliki rasa percaya diri yang kuat disertai usaha mencari ilmu yang tiada henti”, kata sang penceramah yang mampu menirukan pidato ala KH Zainuddin MZ.

            Sesuai dengan ayat suci Al-Qur’an, KH Cecep juga mengharapkan kepada umat Islam supaya selalu berada pada barisan yang teratur. “Untuk mencapai kemajuan dan mendapat pertolongan dari Allah SWt, umat Islam harus selalu berada pada barisan yang rapat, tidak berpecah belah dan tidak mudah diadu domba, melainkan bersatu padu dengan barisan yang teratur, dan berjuang menegakkan agama”, tegasnya. (dino/syafrudin).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar