Cari Blog Ini

Kamis, 23 April 2015

Siswi SMPN 1 Anjatan Jadilah Kartini-kartini Muda Yang Maju



Kepala SMPN 1 Anjatan H. Bakhrudin SPd, MPd, dan kegiatan siswa  memperingati hari lahir RA Kartini  21 April 2015.

(Indramayu, Dialog)- Para siswa  SMPN 1 Anjatan Kabupaten Indramayu, selasa 21 April 2015 memperingati hari lahirnya Ibu RA Kartini bertempat di halaman dalam sekolah. Kepala SMPN 1 Anjatan H. Bakhrudin S.Pd, M.Pd dalam amanatnya mengharapkan dengan peringatan itu para peserta didik putri akan dapat menjadi Kartini-kartini muda yang maju dalam keilmuan, keterampilan, dan kompetensinya dengan tidak meninggalkan kodratnya sebagai seorang wanita.
            Kaitan dengan isu gender, H. Bakhrudin SPd, MPd mengemukakan pria dan wanita mempunyai kesamaan hak namun fungsi wanita tetap sebagai ibu dari sang putera sehingga mempunyai kewajiban sebagai layaknya seorang ibu yaitu mengandung, melahirkan, menyusui, mengasuh dan membesarkan anaknya. “Saya juga mewanti-wanti agar siswi-siswi tidak tertipu oleh gemerlapnya kemegahan dunia semata-sama sehingga tidak berperilaku yang tidak baik dan dapat merugikan masa depan diri dan keluarganya”, harapnya.
Peringatan lahirnya Ibu RA Kartini di SMPN 1 Anjatan ditandai dengan kegiatan siswa mengadakan lomba melukis wajah RA Kartini tanpa melihat gambar atau fotonya, dimana peserta lomba melukis beliau dengan penuh penghayatan dan imaginasi. Selain itu diadakan pula Fashion Show menampilkan pakaian nasional. Puluhan peserta tampil dengan penuh percaya diri mengenakan kebaya dan sanggul sehingga masing-masing nampak keanggunan peserta didik sebagai seorang wanita sejati yang asri, berbudaya dan berwibawa. Pada peringatan itu diadakan pula lomba Nasi tumpeng sebagai wujud kemampuan dan keterampilan siswi dalam hal masak memasak yang berguna bagi diri sendiri dan keluarga.
Para siswa antusias mengikuti ketiga aktivitas perlomaan itu. Siswa SMPN 1 Anjatan pada tahun pelajaran 2014/2015 berjumlah 975 orang, terbagi dalam 24 rombongan belajar (rombel) karena pada setiap kelas ada 8 rombel. Siswa sebanyak itu termasuk 313 kelas IX yang akan menghadapi ujian nasional pada awal Mei 2015 mendatang.
Ujian Nasional di SMPN 1 Anjatan akan diikuti 320 peserta terdiri dari kelas IX SMP reguler 313 siswa dan kelas IX SMP terbuka 7 siswa. Selama ini terhadap mereka selalu diadakan pembinaan seperti bimbingan belajar yang dilangsungkan sejak Januari 2015, try out (TO) empat kali, dan pra UN satu kali. Guna memantapkan pelaksanaan ujian, di sekolahpun peserta ujian melangsungkan istighosah. “Kami juga mohon kepada para orang tua agar senantiasa ikut mendo’akan anaknya supaya mampu mengikuti ujian nasional dengan baik, lancar dan sukses”, tutur Bakhrudin.
SMPN 1 Anjatan merupakan sekolah yang maju di Indramayu barat, setiap saat selalu berkembang. Selama ini semua lulusannya melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, bahkan diantaranya banyak yang mendapat beasiswa untuk meneruskan pendidikan ke SMA Sampurna di Bogor dan SMA Cisarua Jawa Barat. Sekolah juga berhasil memfasilitasi semua kegiatan siswa sesuai dengan bakat dan minat sehingga banyak berhasil meraih prestasi dalam berbagai aktivitas.
Kemajuan yang diraih SMPN 1 Anjatan selama ini, menurut H. Bakhrudin adalah berkat dari adanya komunikasi dua arah yang terlaksama dengan baik, serta adanya komitmen, kepedulian, konsekwensi, dan kebersamaan terhadap program dan kegiatan sekolah. “Keberhasilan selama ini bukan karena pribadi saya akan tetapi merupakan hasil kebersamaan semua pihak termasuk Pemerintah Daerah Kabupaten Indramayu, Pemerintah Kecamatan, para guru, orang tua, siswa serta segenap stakeholder sekolah lainnya”, Pungkas  H. Bakhrudin SPd, MPd. (Syafrudin)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar