Cari Blog Ini

Jumat, 03 Mei 2013

Tidak Mencurigai Adanya Modus Penipuan Rp 127 juta Melayang


 (Indramayu, Dialog)- Merasa tidak curiga Sawan (38) warga Dusun Kepuh, RT 16 RW 06 Desa Patrol Lor, Kecamatan Patrol Kabupaten Indramayu. Berkali-kali mentrasnferkan uang kepada pelaku penipuan dari undian berhadiah sebuah mobil minibus Daihatsu Xenia yang didapat dari kemasan minuman gelas. Tak tanggung-tanggung dirinya mentransfer uang sebesar Rp Rp 17,5 juta kemudian Rp 14,5 juta. Tidak berhenti di situ saja, pelaku yang mengetahui korbannya sudah terpedaya kemudian meminta uang untuk mentrasfer kembali sebesar Rp 60 juta, hingga totalnya Rp 127 juta. Uang tersebut katanya sebagai uang administrasi.
Kejadian berawal saat korban yang membeli minuman teh kemasan gelas di sebuah warung, terkejut dengan adanya pengumuman berhadiah sebuah mobil minibus Daihatsu Xenia. Merasa bahagia lantas memberitahukan kepada istrinya. Merasa penasaran dengan hadiah tersebut, dirinya menghubungi nomor telepon yang tercantum dalam tulisan undian berhadiah tersebut. Saat melakukan pembicaraan melalui nomor telepon (pelaku, red) meminta kepada korban untuk segera mentransferkan uang sebagai biaya administrasi.
Setelah berkali-kali mentransfer uang korban menanyakan mobil tersebut, pelaku mengatakan bahwa mobil tersebut kini sudah berada di Pendopo Kabupaten Indramayu, dan telah diserahkan kepada Wakil Bupati Indramayu, Drs. H. Supendi. Mendengar informasi tersebut, korban yang penasaran kemudian mencoba mendatangi Kantor Kecamatan Patrol dan meminta salah satu pegawai untuk mendampingi dirinya mengambil mobil hadiah tersebut yang menurut pelaku ada di Pendopo Kabupaten Indramayu. Saat itu juga, korban baru sadar saat pegawai kecamatan tersebut memberitahukan bahwa undian berhadiah mobil yang didapat dari minuman ringan kemasan gelas itu adalah penipuan.
Kepala Desa Patrol Lor, Sutarman membenarkan ada warganya menjadi korban penipuan undian berhadiah mobil tersebut. Dirinya mendapatkan informasi itu setelah beberapa pamong desanya memberitahukan ada kejadian tersebut.
Kapolres Indramayu, AKBP Golkar Pangarso Rahardjo Winarsadi, SH, SIK, MH, melalui Kapolsek Patrol, Kompol H. Sarjono, SH mengatakan, pihaknya belum menerima laporan dari korban yang menjadi korbanpenipuan undian berhadiah mobil itu. “Memang ada kejadian kasus penipuan ini, dan korbannya masyarakat Desa Patrol Lor bernama Siwan. Itu laporan dari anggota Intel kami setelah cek ke rumah korban. Hanya saja korban belum melaporkan ke kami,” ucapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar