Cari Blog Ini

Rabu, 28 Agustus 2013

Penilaian Posyandu di Wanakaya Haurgeulis dan Baleraja Gantar



Drs. Dadang R MSi, Hadi Siswo SH, dan Sukri (Atas),Ketua PKK Ny. Neng Wati Ahmin dan ibu-ibu di Baleraja (Bawah)

(Indramayu, Dialog)-Walaupun berada jauh dari kota namun Wanakaya dan  Haurgeulis selalu diperhitungkan serta mendapat perhatian dari Pemerintah Daerah Kabupaten Indramayu karena keberhasilannya dalam berbagai penilaian baik lomba desa, adipura, dan sekarang posyandu. Demikian diungkapkan Plh. Camat Haurgeulis Drs. H. Dadang Rusyanto M.Si pada saat kedatangan tim penilai lomba posyandu di sekretariat Posyandu Srikaya Blok Giri Mulya desa Wanakaya hari Senin (26/8).
            Apabila dalam penilaian itu didapatkan kekurangan, Dadang mengharapkan kepada pengurus Posyandu Srikaya untuk mampu mengatasinya dengan melengkapi  berbagai hal yang dirasakan masih kurang.
            Kuwu (kepala Desa-Red) Wanakaya Sukri dalam laporannya menegaskan kaum wanita di desa itu senantiasa siap untuk melaksanakan berbagai program pos pelayanan terpadu (posyandu) guna meningkatkan kesejahteraan ibu-ibu dan anak-anak. “Apabila Pemerintah Kabupaten Indramayu akan membangun gedung posyandu di desa Wanakaya, maka masyarakat kami sudah menyiapkan dua lahan yaitu di blok Karanganyar dan Blok Maja. Semoga pembangunannya dapat segera direalisasikan”, tegas Sukri.
            Menurut Ketua Tim Penilai Hadi Siswo SH, yang menjadi penilaian utama dalam lomba posyandu itu adalah kelengkapan data dan dokumentasi yang berkaitan dengan aktivitas posyandu seperti data tentang kependudukan, kesehatan ibu, pokjanal, dasa wisma, kesehatan bayi, ibu hamil, dan lanjut usia, serta data lain yang diperlukan.
            Sementara itu, Kepala Puskesmas Wanakaya H. Kasnawi Dahum SKM dalam penjelasannya kepada Dialog mengatakan perhatian masyarakat desa terhadap pentingnya kesehatan senantiasa meningkat, terlihat baik posyandu maupun puskesmas selalu didatangi warga.
            Desa Baleraja Kec. Gantar
            Setelah mengadakan penilaian di posyandu Srikaya Desa Wanakaya Kec. Haurgeulis, tim penilai meneruskan perjalanannya ke Kecamatan Gantar untuk menilai posyandu Flamboyan I yang ada di desa Baleraja. Di tempat tersebut tim disambut petugas seksi PM Endang Edi Suprapto SAg, Kuwu Baleraja Ahmin SF, Kepala UPTD Puskesmas, Kepala UPTB KB, Bidan Desa, pengurus PKK dan pengurus serta anggota posyandu.
            Ketua TP PKK Baleraja Neng Wati Ahmin didampingi Ketua Posyandu Flamboyan I Ari Saniri menjelaskan ada 112 balita yang dilayani di pos terpadu itu. “Pada waktu yang telah ditetapkan para ibu selalu datang ke posyandu untuk mengadakan berbagai kegiatan seperti pemeriksaan kesehatan ibu hamil, penimbangan balita, imunisasi, dan pemberian vitamin. Secara berkala balita-balita pun mendapat tambahan masukan gizi seperti bubur kacang ijo dan telur”, jelasnya.
            Masyarakat di lingkungan Posyandu Flamboyan I aktif mengikuti program keluarga berencana, sampai dengan hari ini dari PUS 325 tercatat yang sudah menjadi akseptor tercatat 164 pasangan menggunakan IUD 1, Kdm 6, Implan 11, Suntik 64, dan Pil 82. (Syafrudin/Dedi.S)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar