Cari Blog Ini

Senin, 16 September 2013

Pemkab Indramayu Lakukan Mutasi Besar-Besaran


(Indramayu, Dialog)- Bertempat di Pendopo Kantor Bupati Indramayu Rabu (28/8), Sebanyak 417 pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indramayu dilantik  Bupati Indramayu, Hj. Anna Sophanah untuk menduduki jabatan baru dalam rangka mutasi Pegawai. Dari jumlah tersebut, terdiri dari 9 orang pejabat struktural eselon IIb, 82 orang pejabat eselon III, dan 326 pejabat struktural eselon IV.
Dalam sambutannya Bupati Indramayu mengatakan, mutasi memang baru bisa dilakukan setelah turun Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor 821.2/3573-BKD tanggal 24 Juli 2013. Dikatakannya, mutasi dilakukan untuk mengisi kekosongan jabatan dan formasi beberapa pejabat struktural yang telah memasuki usia pensiun (purna bakti). “Selain itu mutasi juga sebagai upaya penyegaran, pembinaan dan pengembangan karir dalam jabatan pegawai negeri sipil daerah, yang merupakan bagian integral dari upaya reformasi birokrasi guna mewujudkan tata pemerintahan yang baik (good governance),” tandas Bupati. Berdasarkan data yang ada, mutasi kali ini memang bisa dikatakan sebagai mutasi besar-besaran. Karena sejumlah kepala dinas maupun camat banyak yang “dikandangkan” dan digantikan dengan yang lain.
Untuk jajaran Kepala Dinas, H Omarsyah BAE., S.Sos.,MM yang sebelumnya menjabat  Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air, Pertambangan dan Energi (PSDA Tamben) dipercaya menjadi Kepala Dinas Bina Marga. Sementara Kepala Dinas PDSA Tamben diserahkan kepada Ir Suwenda Asmita, M.Si. Ir Heri Helman yang sbeelumnya menjabat Kepala Dinas Cipta Karya, kembali menjabat Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan.
Sementara Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan yang ditinggal pensiun pejabatnya, sekarang dipegang oleh Ir Firman Muntako yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan. Sebagai Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan yang baru adalah Ir Joko Pramono, yang sebelumnya menjabat Sekretaris Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Pertanian (BKP3).
Kejutan terjadi pada posisi Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan yang dijabat H Warjo, SH., MH, karena dilempar ke posisi barunya sebagai Kepala BKP3. Sementara posisi yang ditinggalkannya ditempati oleh Maman Kostaman, SH, yang sebelumnya menjabat Asisten Pemerintahan Setda Kabupaten Indramayu.
Untuk posisi Camat juga banyak mengalami perubahan. Sejumlah Sekretaris Camat (Sekmat) mengalami promosi menjadi Camat. Di antaranya Sekmat Haurgeulis Drs Dadang Rusyanto, M.Si dipercaya menjadi Camat Karangampel, Sekmat Sindang Indra Mulyana AP, M.Si menjadi Camat Arahan, Sekmat Sliyeg Drs Budi Setiawan, M.Si menjabat Camat Sliyeg, Sekmat Lelea Drs Edi Kusnaedi, M.Si menduduki posisi Camat Cantigi, dan Sekmat Gantar Drs Asep Mahmud dipercaya menjadi Camat Gantar.
Sementara sejumlah Camat lama hanya mengalami rotasi ke wilayah lain, dan beberapa di antaranya juga ditarik untuk menduduki jabatan di sejumlah SKPD.
Mutasi besar-besaran juga terjadi di kalangan Kepala Unit pelaksana taknis dinas (UPTD). Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Sindang H Caridin, S.Pd., M.Si, menempati jabatan baru sebagai Kasie Tenaga Teknis Bidang Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu, Drs H Umar, bergeser menjadi Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Pasekan atau bertukar tempat dengan Kanafi, S.Pd.I.
Sementara Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Lohbener, Tasmo, S.Ag., M.Si, dipercaya menjabat Kasie Sarana dan Prasarana Bidang Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Indramayu, menggantikan posisi H Banani, S.Pd., M.Pd yang menempati posisi baru sebagai Kasie Olahraga Bidang Ekstrakulikuler Disdik Kabupaten Indramayu.
Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Kedokanbunder, Drs H Burhan, juga harus pindah ke tempat baru sebagai Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Jatibarang. Posisi lamanya dipercayakan kepada Nana Suparna, yang sebelumnya adalah Kepala SDN Kedokanagung IV Kecamatan Kedokanbunder. Selain itu, masih banyak posisi Kepala UPTD Pendidikan dan jabatan lainnya yang juga mengalami mutasi.

Sementara Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Indramayu, Drs H Eddy Mulyadi, MM, mengatakan, jumlah pejabat yang terkena mutasi kali ini memang cukup banyak. Selain untuk mengisi sejumlah kekosongan jabatan, mutasi kali ini juga sebagai penghargaan atas prestasi sejumlah pejabat yang mengalami promosi, serta untuk penyegaran dalam rangka peningkatan kinerja para pejabat.(Armo).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar