Cari Blog Ini

Rabu, 28 Agustus 2013

Masyarakat Desa Wanakaya Peduli Membangun Sarana Pendidikan


Kepala SDN I Wanakaya Sunadi S.Pd.I, S.Pd-SD, MM.

(Indramayu, Dialog)-Pada tahun anggaran 2012/2013 SDN Wanakaya 1 Kecamatan Haurgeulis Kabupaten Indramayu mendapat bantuan untuk pembangunan 4 lokal kelas. Mengingat lahan yang ada maka perwujudannya dibagi dua unit, sebelah kiri dua lokal dan sebelah kanan dua lokal.    Pemecahan lokasi  itu secara langsung menambah biaya pembangunan sekitar Rp 70 juta diatas biaya yang sudah disediakan pemerintah sehingga memerlukan adanya imbal swadaya dari masyarakat.
Karena itulah, Komite Sekolah SDN 1 Wanakaya yang diketuai H. Kartawi tidak tinggal diam. Karena merasa pendidikan adalah juga merupakan kewajiban masyarakat maka ia segera mengundang para orang tua murid untuk mengadakan pertemuan. Pada musyawarah itu sebagaimana tertuang dalam Berita Acara, orang tua murid menyepakati untuk memberikan partisipasi terhadap kelancaran pembangunan 4 lokal sekolah itu selama 2 hingga 3 tahun.
Saat ini, pembangunan keempat lokal kelas baru itu telah selesai serta telah dipergunakan untuk KBM (kegiatan Belajar Mengajar), “Saya merasa salut dan sangat menghargai gairah orang tua murid yang telah menunjukkan partisipasinya dalam pembangunan sarana dan prasarana sekolah ini”, ungkap Kepala Sekolah Sunadi S.Pd.I, S.Pd-SD, MM saat ditemui Dialog baru-baru ini di ruang kerjanya.
                Pembangunan lokal kelas yang dibagi menjadi dua unit itu terasa menambah keanggunan dan keserasian sekolah sehingga terlihat lebih indah, nyaman, dan menarik. Keindahan itu dirasakan pula oleh Kabid Diknas Indramayu A.Haryono MSi dan para pejabat lain yang telah melihat langsung ke Wanakaya. “Tak disangka di kampung seperti ini ada sekolah yang bagus dan menawan”, kata Wahyu Sutisna M.Pd salah seorang tim penilai kinerja kepala sekolah sewaktu bertandang kesana.
            Juara Kinerja ke IV
            Pada penilaian kinerja Kepala Sekolah se Kabupaten Indramayu tahun 2012/2013, Kepala SDN Wanakaya I Sunadi S.PdI,S.Pd-SD,MM terpilih menjadi juara ke IV. Penilain itu dikarenakan Sunadi selalu berupaya open management dimana segala persoalan dibahas dan dicari jalan keluarnya secara bersama dengan para guru. Disiplinpun ditegakkan, agar para pendidik masuk pagi, dan sering berada di sekolah.
“Kami juga berupaya untuk memiliki loyalitas yang tinggi terhadap Kebijakan Pemerintah Daerah dan Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu baik tertulis maupun tidak tertulis”, tegas Sunadi.
            SDN Wanakaya I dewasa ini mempunyai 11 lokal kelas dengan peserta didik 400 orang. Prestasi yang dicapai pada O2SN 2013 se Kecamatan Haurgeulis adalah Juara I Futsal, Juara I Gerak Jalan Putra, Juara 22 Bulu Tangkis, Juara 3 Cipta Cerita Bergambar, dan Juara 33 Catur Putri.( Dedi.S/ Syafrudin)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar