Cari Blog Ini

Rabu, 27 Juni 2012

Unwir Terjunkan 1.026 Mahasiswa Untuk mengikuti KKN


(Indramayu, Dialog)- Universitas Wiralodra (Unwir) Kabupaten Indramayu menerjunkan 1.026 Mahasiswanya untuk mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN), yang berlangsung 24 Juni – 4 Agustus 2012. Mereka terbagi dalam 50 kelompok dan ditempatkan di enam wilayah Kecamatan di wilayah Kabupaten Indramayu, yaitu di Kecamatan Kandanghaur, Jatibarang, Indramayu, Pasekan, Balongan, dan Kecamatan Juntinyuat.
Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unwir, Ir Entus Hikmana MP saat dimintai komentarnya menjelaskan, KKN dilaksanakan dalam masyarakat di luar kampus, dengan maksud meningkatkan relevansi pendidikan tinggi dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat akan iptek yang mereka pelajari di kampus dengan realita pembangunan dalam masyarakat. Bagi mahasiswa, kegiatan KKN haruslah dirasakan sebagai pengalaman belajar yang baru, yang tidak akan pernah diperoleh di dalam kampus. Sementara dari segi kelembagaan perguruan tinggi, KKN merupakan bentuk tanggungjawab sosial terhadap masyarakat sekitar kampus, “ Pelaksanaan KKN diharapkan mampu menyentuh banyak aspek, baik sosial, ekonomi, pendidikan, pertanian, kesehatan maupun pemberdayaan pemerintahan di desa. Meskipun dalam persiapan pelaksanaannya masih banyak kekurangan, pelaksanaan program KKN diharapkan bisa menyentuh berbagai aspek pembangunan di desa. Dan hal tersebut banyak tergantung pada kreativitas mahasiswa dan partisipasi aktif masyarakat dengan difasilitasi para mahasiswa, untuk bersama-sama menyusun dan melaksanakan program kegiatan tersebut, “ jelasnya.
Entus menambahkan, kami bereharap dari pelaksanaan KKN tersebut akan meningkatkan peran serta aktif masyarakat maupun mahasiswa. Untuk menunjang hal ini tentunya dibutuhkan dukungan yang besar dari masyarakat penerima manfaat, pemerintah daerah, pemerintah kecamatan, maupun pemerintah desa dalam rangka mendukung pentingnya peran sinergi perguruan tinggi dalam proses pembangunan daerah, harapnya.
Sementara itu hal senada juga dikatakan Ketua Panitia KKN Unwir 2011 / 2012, Ir H Ace Setiadi, Ia lebih lanjut mengatakan, KKN sebagai bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup di tengah-tengah masyarakat di luar kampus. Dan secara langsung mengidentifikasi serta menangani masalah-masalah pembangunan yang dihadapi. KKN dilaksanakn oleh PT dalam upaya meningkatkan isi dan bobot pendidikan bagi mahasiswa, dan menerapkan di lapangan serta untuk mendapatkan nilai tambah yang lebih besar pada pendidikan tinggi, jelasnya.(Dede).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar