Cari Blog Ini

Selasa, 27 Mei 2014

KPU Indramayu Adakan Rapat Pleno Penetapan Perolehan Kursi DPRD Indramayu Golkar Penguasa Indramayu Peroleh 19 Kursi

(Indramayu, Dialog)- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Indramayu mengadakan rapat pleno penetapan perolehan kursi DPRD Indramayu hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2014, di Hotel Wiwi Perkasa 2 Indramayu, Senin (12/5). Rapat pleno dihadiri Ketua KPU Indramayu, M. Hadi Ramdlan, dan seluruh komisioner KPU, yaitu Drs. H. Madri, Ir. Sucipto, Murtiningsih Kartini, SH, MH, dan Drs. Syayidin. Selain itu, hadir Ketua Panwaslu Kabupaten Indramayu, Syamsul Bahri Siregar, SH, MH, unsur Msupida. Serta perwakilan dari masing-masing partai politik peserta pemilu. Berdasarkan hasil penghitungan suara, wajah anggota dewan bakal banyak berubah. Muka-muka lama banyak yang hilang, dan berganti dengan wajah baru.
Menurut hasil penghitungan suara, Partai Golkar sebagai penguasa di Indramayu hanya memperoleh 19 kursi DPRD Indramayu, atau mengalami penurunan dibandingkan pemilu 2009 dengan 24 kursi. Perolehan kursi Golkar terbanyak berasal dari Daerah Pilhan (Dapil) 1, Dapil 5, dan Dapil 6, masing-masing 4 kursi. Kemudian Dapil 3 dengan 3 kursi, serta Dapil 2 dan Dapil 4 masing-masing 2 kursi. Sementara PDI Perjuangan ternyata juga tidak mampu mendongkrak perolehan kursi, kendati dari perolehan suara mengalami peningkatan. Partai ini tetap bertahan dengan 7 kursi seperti lima tahun yang lalu.
Ketua DPC PDIP Indramayu, H. Syamsul Bachri, SH, MH mengatakan, sebenarnya dari perolehan suara mengalami peningkatan, akan tetapi kursi yang kita raih masih tetap 7 kursi, katanya.
Sementara PKB yang sebelumnya hanya memiliki 5 kursi kali ini bertambah menjadi 7 kursi. Lonjakan 2 kursi berasal dari Dapil 1 yang sebelumnya tidak memperoleh kursi, dan Dapil 2 yang mengalami lonjakan 1 kursi. Lonjakan pesat dilakukan Gerindra dengan mendapatkan 5kursi atau bertambah 3 kursi dibandingkan tahun 2009 yang hanya meraih2 kursi dari Dapil 1 dan Dapil 3. Sementara PKS masih bertahan dengan 4 kursi, yang diraih PKS hanya 1 orang yang merupakan muka lama yaitu Mislam dari Dapil 3.
Sedangkan Partai Nasdem yang merupakan partai pendatang baru juga mmebuat kejutan dengan langsung meraih 3 kursi dari  Dapil 2, Dapil 3, dan Dapil 6. Partai yang juga mengalami penurunan kursi adalah Partai Demokrat dengan 3 kursi. Padahal lima tahun yang lalu mendapatkan 5 kursi. Sementara Hanura bertahan dengan 2 kursi, dan semuanya berganti dengan wajah baru. Partai yang kehilangan kursi dan tidak akan memiliki wakil di DPRD Indramayu adalah PPP.
Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPD PKS Indramayu, Agung Mardianto M.Ag, membenarkan kalau perolehan kursi PKS pada pemilu 2014 masih tetap seperti lima tahun yang lalu. Menurutnya, seluruh jajaran maupun tim kader PKS sebenarnya sudah berusaha maksimal, namun ternyata hanya bisa meraih 4 kursi. “Berdasarkan hasil penghitungan kami, PKS memang hanya  meraih empatkursi,” ucapnya.

Komisioner KPU Indramayu Divisi Teknis, Drs. H. Madri, saat dikonfirmasi menuturkan, bahwa penetapan kursi sudah dilakukan dengan melihat total suara sah yang masing di masing-masing daerah pemilihan dan jumlah kursi yang diperebutkan di daerah pemilihan yang bersangkutan. Dikatakannya, dari 50 kursi DPRD yang diperebutkan Partai Golkar memperoleh kursi terbanyak dengan 19 kursi. “Alhamdulillah perolehan kursi untuk masing-masing Parpol sudah kita tetapkan, dan disetujui oleh masing-masing parpol peserta pemilu,” tuturnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar