Cari Blog Ini

Kamis, 28 Januari 2016

SMPN 2 Losarang Semakin Tertib dan Menawan


Sekolah Taryono SPd MMPd dan SMPN 2 Losarang  yang  semakin menawan.

(Indramayu, Dialog)- Kepala SMPN 2 Losarang Kabupaten Indramayu, Taryono SPd, MMPd, tidak segan-segan untuk turun ke lapangan menata dan membangun lingkungan sekolah sehingga melancarkan berbagai upaya dalam rangka mewujudkan sekolah yang tertib dan menawan. “Saya tidak suka berpangku tangan, sewaktu-waktu turun bekerja bersama-sama tukang, manfaatnya selain secara langsung memberikan motivasi dan bimbingan kepada pekerja sehingga apa yang mereka kerjakan sesuai dengan perencanaan, hal itu pun penting bagi kesehatan karena badan menjadi berkeringat”, jelas Taryono saat ditemui Dialog di ruang kerjanya belum lama ini.
Selama ini sarana dan prasarana yang berhasil diwujudkan adalah pembuatan pagar, penataan halaman depan sekolah dengan mengadakan taman yang dilengkapi berbagai jenis bunga, penertiban halaman dalam dengan membangun dan meningkatkan  lapangan olahraga dan tempat upacara, serta pembuatan kantin sehat yang berlokasi di samping sekolah. Penataan sarana dan prasarana itu menjadikan sekolah beserta lingkungannya terlihat bersih, tertib dan indah. Guru-guru dan peserta didik pun betah berada di sekolah karena suasananya terasa nyaman.
Pembangunan dan peningkatan berbagai sarana itu menjadikan prosentasi kehadiran pengurus komite sekolah meningkat apabila diundang untuk datang ke sekolah, merumuskan program sekolah sekaligus melihat dan memperhatikan perkembangan dan kemajuannya. Kondisi seperti itu secara langsung meningkatkan dukungan para orangtua siswa terhadap berbagai program sekolah. Peserta didik selama 2 tahun ini meningkat, kalau tahun pelajaran 2013/2014 berjumlah 330 orang maka 2014/2015 meningkat menjadi 430 orang, dan 2015/2016 ada 450 orang siswa. Sedangkan pengajarnya ada 26 terdiri 11 guru tetap dan 15 tenaga honour, serta tenaga tata usaha 10 orang.
Prestasi peserta didik
Siswa SMPN 2 Losarang selain aktif mengikuti program akademik sesuai kurikulum, merekapun giat dalam ekstra kurikuler sesuai dengan bakat dan minat. Pada tahun 2015 peserta didik berhasil meraih beberapa prestasi yaitu menjadi juara kostum terbaik dalam lomba jelajah alam di SMAN Tomo Sumedang, meraih piala tetap sebagai juara umum pada kegiatan kepramukaan se Jawa Barat yang diadakan di SMAN 1 Anjatan Indramayu, serta mendapatkan piala bergilir sebagai juara umum putera dalam lomba pramuka tingkat penggalang SMP/Tsanawiyah.

Kepala Sekolah selalu berupaya untuk membina dan meningkatkan disiplin baik terhadap para guru dan tata usaha maupun para siswa. “Penanaman disiplin dimulai dengan tertibnya peserta didik dalam memakai pakaian seragam dimana baju yang digunakan dalam keadaan bersih, disetrika, dimasukkan, dan dikancingkan, sehingga terlihat tertib dan bagus. Selain berpakaian rapi maka peserta didik pun kita bimbing untuk bisa menepati jam masuk sekolah, mengikuti jam-jam pelajaran di kelas, serta menepati berbagai peraturan disiplin sekolah”, pungkas Taryono. (dedi s/syafrudin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar