Cari Blog Ini

Kamis, 28 Januari 2016

SDN Tanjungkerta I Strategis dan Nyaman

Kepala SDN Tanjungkerta 1 Randim SPd (kiri) beserta  guru-guru dan siswa berprestasi

.
(Indramayu, Dialog)-SDN Tanjungkerta I Kecamatan Kroya Kabupaten Indramayu letaknya strategis berdekatan dengan jalan raya Karangsinom – Sukaslamet yang merupakan jalan perhubungan utama di wilayah Kroya. Keadaannya cukup bagus karena secara bertahap sekolah dan lingkungannya ditata dengan sebaik-baiknya. “Kami telah melakukan pemagaran bagian depan sekolah, pembuatan gapura, memelihara kebersihan dan keindahan ruang kelas, pembuatan taman, serta merenovasi tempat upacara dan lapangan olahraga di halaman depan dengan memasang paving block sehingga di musim hujan ini tidak becek tetapi nyaman dipergunakannya”, jelas Kepala SDN Tanjungkerta I, Randim SPd sabtu (23/1) ketika ditemui Dialog di ruang kerjanya.
Karena letaknya strategis dan kondisi sekolah yang nyaman maka pada dua hari sebelumnya yaitu kamis 21 Januari 2016, SDN Tanjungkerta I digunakan sebagai tempat penyelenggaraan  Festival & Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tahun pelajaran 2015/2016 tingkat sekolah dasar se wilayah kecamatan Kroya. Festifal itu  berlangsung meriah diikuti oleh siswa perwakilan dari 27 SD yang ada di kecamatan tersebut. Hadir pada penyelenggaraan lomba itu para pengawas SD yaitu Ahmad Wasan SPd, Otong Wahid Sugiani SPd, dan Tasripin SPdI, para Kepala Sekolah, guru-guru pembimbing lomba dari setiap SD, dan para peserta lomba.
Ada tiga jenis seni yang diperlombakan dengan jurinya terdiri dari para Kepala Sekolah dan guru-guru. Juri lomba melukis diketuai Tohedi SPd, juri menyusun cerita bergambar diketuai Azis SPd, dan juri lomba berpidato diketuai Randim SPd.  Lukisan yang dibuat peserta adalah aneka ragam budaya Indonesia dengan aspek penilaian keserasian lukisan antara komposisi warna, kebersihan, dan keindahan. Penilaian pada lomba cerita bergambar meliputi kesesuaian gambar dengan cerita, sistematika penyajian secara runtut dan logis, serta keasliannya. Sedangkan pada lomba p;idato, aspek penilaian meliputi artikulasi dan suara, bobot isi pidato, kesesuaian antara judul dengan uraian, serta penjiwaan ekspresi.
Kalau tahun lalu siswa SDN Tanjungkerta 1 berhasil menjadi juara pertama lomba melukis tingkat kecamatan dan menjadi juara 3 di tingkat kabupaten maka pada tahun ini hanya mampu menjadi juara kedua. Sedangkan pada lomba cerita bergambar juara harapan I. Siswa yang ikut pada ketiga lomba itu adalah anak-anak kelas 5 yaitu Cinta Sekarwulan, Wiwin Septiani, dan Wirfen. Sedangkan guru pembinanya adalah Kardi SPd untuk melukis, dan Kusnadi SPd untuk pidato dan cerita bergambar.
Ketiga jenis perlombaan di FLS2N merupakan bagian dari aktivitas seni, pembinaannya dilakukan setiap hari sabtu yang merupakan hari pengembangan diri para siswa baik bidang akademik maupun ekstra kurikuler, bersama dengan pembinaan olahraga dan jenis kesenian lainnya. “Pada masa tertentu seperti menghadapi acara kenaikan kelas, anak-anakpun mendapat pembinaan kesenian daerah seperti upacara adat, seni sintren dan kuda lumping”, jelas Randim SPd.
Siswa SDN Tanjungkerta I saat ini berjumlah 227 orang termasuk 55 siswa kelas 6 yang tak lama lagi akan menempuh ujian akhir. Karena itu pula untuk melancarkan anak-anak pada ujian nanti, sekolah mengadakan jam pelajaran tambahan dari jam 14.00 hingga 16.00 WIB dengan guru Pembina Ervina untuk Bahasa Indonesia, Kusnadi SPd untuk matematika, dan Rusnali SPd untuk IPA. (syafrudin/ dedi s).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar