Cari Blog Ini

Kamis, 28 Januari 2016

Kebersamaan Kunci Sukses SMPN 2 Anjatan



Kepala SMPN 2 Anjatan, CARWITA WS, SPd  MPd

(Indramayu, Dialog)-Kepala SMPN 2 Anjatan Kabupaten Indramayu Carwita WS, SPd, MPd, senantiasa berupaya untuk mewujudkan kebersamaan seluruh warga sekolah sebab hal itu merupakan kunci sukses dalam melaksanakan program-program pendidikan. Karena itu setiap kegiatan yang diadakan selalu diikuti secara bersama baik oleh para guru dan pegawai tata usaha maupun para peserta didik.
“Terwujudnya Ketertiban, Kebersihan, dan Keindahan (K3) di sekolah merupakan hasil kerjasama. Semua guru selalu memperhatikan K3, membina dan mengarahkan para siswa untuk berperilaku sehat dan bersih dengan cara membuang sampah pada tempatnya dan mengerjakan kegiatan kebersihan, serta tak segan-segan menegur mereka yang membuang sampah sembarangan’, jelas Kepala SMPN 2 Anjatan Carwita WS, SPd, MPd, senin (25/1) kepada Dialog di ruang kerjanya.
            Kebersamaan juga diterapkan dalam kegiatan keagamaan seperti pelaksanaan program pendidikan mengaji Al-Qur’an selama 15 menit sebelum melakukan pekerjaan dinas bagi guru dan pegawai TU atau sebelum jam pelajaran pertama bagi para siswa. Begitu pula sewaktu dilangsungkan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW. beberapa waktu lalu, semuanya mengikuti rangkaian kegiatan dengan seksama. Kebersamaan juga dilaksanakan dalam aktivitas pendidikan baik akademik maupun non akademik. Pembinaan dan pengarahan dilakukan oleh setiap guru dalam satu konsepsi dan satu persepsi menuju proses dan hasil pendidikan yang lebih bermutu.
Menghadapi Ujian Nasional (UN) yang akan ditempuh 311 siswa kelas IX, SMPN 2 Anjatan memberikan pelajaran tambahan dari jam 13.00 sampai 16.00 WIB. “Supaya para siswa sukses dalam UN nanti, saya terus menerus memotivasi guru-guru untuk meningkatkan kegiatan belajar mengajar. Anak-anak selain belajar di sekolah juga dipacu untuk belajar di rumah. Kelas IX yang akan UN tidak boleh mengikuti kegiatan lain kecuali belajar dan belajar” ungkap Carwita.
            Dikatakan Carwita, Suasana dan sikap kebersamaan itu hasilnya sudah dapat dirasakan. SMPN 2 Anjatan sekarang terlihat lebih rapi, bersih, dan indah. Seluruh warga sekolah terlihat kompak dan bersemangat dalam menghadapi berbagai kegiatan, siswa pun bergairah mengikuti pendidikan dan pengajaran sesuai dengan kurikulum. Mereka mempunyai sikap yang sama dalam menapaki aktivitas pelajaran dan ekstrakuler. “Saya merasa gembira atas terwujudnya kebersamaan sebagai dukungan terhadap program yang saya jalankan. Saya juga respek terhadap kemauan dan kemampuan guru-guru dalam mewujudkan kebersamaan ini”, katanya.
            Berkat kebersamaan, dalam  beberapa lomba baru-baru ini, peserta didik SMPN 2 Anjatan berhasil mengukir prestasi. Seperti pada lomba Paskibra di SMKN 1 Losarang berhasil sebagai juara madya paskibra dan juara potensial bermutu. Sedangkan di lomba Palang Merah Remaja (PMR) di SMAN 1 Krangkeng berhasil sebagai Juara Umum karena menjadi juara kesatu dalam pembuatan tandu darurat, juara kesatu P3K, dan juara ketiga perawatan kesehatan keluarga. Bahkan pada lomba keterampilan gerakan pramuka yang diadakan di SMKN I Jatibarang berhasill meraih 5 piala terdiri Juara I Ketua Regu Putri, Juara I Regu Terbaik, Juara II Harapan LKBBT, Juara II Regu putra-putri, dan juara II pakaian terbaik. (dedi s/syafrudin)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar