Cari Blog Ini

Senin, 13 Juli 2015

Tim Takraw SDN Cipaat II Bongas Mewakili Indramayu di O2SN Jabar




Kepala Sekolah  SDN Cipaat II Taman SPd, MMPd dan Guru  Olahraga Rusmanto SPd, MM


(Indramayu, Dialog)- Walaupun pada arena olympiade olahraga siswa nasional (O2SN) tahun 2015 tingkat kabupaten, tim takraw SDN Cipaat II Kecamatan Bongas menjadi juara kedua, namun pada O2SN tingkat propinsi Jawa Barat beberapa waktu lalu dipercaya untuk mewakili kabupaten Indramayu. Pada O2SN tingkat propinsi yang dilangsungkan di kota Cirebon itu, tim takraw SDN Cipaat II masuk di group A, pada pertandingan hari pertama di lapangan GOR Pemuda tim ini berhasil unggul ketika melawan tim dari Kabupaten Bandung dan Kabupaten Cirebon sehingga berhasil menjadi juara group A.
            Namun ketika dalam perempat final berhadapan dengan Kabupaten Sukabumi selaku juara group B, tim takraw SDN Cipaat II mengalami kekalahan. “Sekalipun hanya masuk dalam 8 besar, namun anak-anak merasa senang bisa tampil di O2SN tingkap propinsi, karena banyak pengalaman yang diperoleh. Insya Allah sekembalinya ke Indramayu, pembinaan olahraga cabang takraw akan terus ditingkatkan, baik di tingkat kabupaten  Indramayu maupun di tingkat kecamatan Bongas”, jelas pelatih tim takraw Bongas, Rusmanto S.Pd, MM ketika dihubungi Dialog di ruang kerjanya, belum lama ini.
            Ikut bermainnya Tim Takraw di tingkat propinsi tentu saja menggembirakan bagi segenap keluarga besar SDN Cipaat II. Kepala Sekolah Taman S.Pd, MMPd selalu memberikan motivasi bagi siswanya mengikuti berbagai aktivitas kurikuler termasuk kegiatan olahraga takraw dan cabang-cabang olahraga lainnya seperti bulu tangkis, tenis meja, dan bolavoli. “Saya memberikan dorongan agar anak-anak mau mengembangkan bakat seni dan olahraga dalam aktivitas kurikuler. Siapapun yang berminat dan berbakat akan kami bina dan bimbing dengan sebaik-baiknya supaya mereka mampu menunjukan kemampuannya secara maksimal”, katanya.
                Takraw dimainkan 3 orang dengan tugas masing-masing sebagai apid kanan, apid kiri, dan tekong yang berada ditengah biasa memberikan serven. Cabang olahraga ini mulai diperkenalkan kepada anak-anak SDN Cipaat II tahun 2011 sehingga diantara siswa sekarang ini banyak yang berminat dan mencintai olahraga takraw. Para pemain yang ikut memperkuat tim takraw di O2SN tingkat propinsi adalah siswa kelas V yaitu Ferdi, Ananda, Febri, dan Priana.
            Menurut Rusmanto, untuk kesinambungan olahraga takraw di SDN Cipaat II maka pada tahun pelajaran 2015/2016 akan diadakan penelusuran bakat terhadap anak-anak kelas IV dan V. Mereka yang memang menunjukkan minat dan bakat, akan dilakukan pembinaan secara intensif hingga mereka siap tanding di tingkat kecamatan, kabupaten, dan propinsi.

                "Saya mengharapkan pemerintah memberikan bantuan bola dan peralatan takraw lainnya kepada sekolah-sekolah yang menjadi juara di O2SN agar prestasi takraw dapat terus dibina dan ditingkatkan”, pungkasnya. (Dedi S/Syafrudin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar