Cari Blog Ini

Rabu, 04 Juni 2014

SMAN 1 Gantar Menuju Terpenuhinya Standar Pendidikan Nasional


Suasana pelepasan siswa kelas XII di SMAN 1 Gantar

(Indramayu, Dialog)-“Kami senantiasa berupaya melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara maksimal sehingga dalam waktu singkat SMAN 1 Gantar Kabupaten Indramayu dapat memenuhi 8 standar nasional meliputi isi, kelulusan, proses, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana prasarana, pengelolaan, penilaian, dan pembiayaan”, demikian dikemukakan Kepala SMAN 1 Gantar Maman Dermawan, S.Pd ketika melepas 78 siswa kelas XII yang baru saja lulus, Rabu (28/5) di sekolah tersebut.
            Guna terpenuhi standar itu maka sekolah senantiasa menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, termasuk dengan siswa dan orang tua, “Wali murid pun menyambut dan menunjukkan kerjasama dengan guru-guru dan tata usaha dengan bersusah payah melaksanakan berbagai program sekolah. Mereka ikut memberikan motivasi sehingga pembelajaran berlangsung lancar menuju SMAN 1 Gantar yang bertujuan mulya yaitu menjadikan sekolah yang memiliki keunggulan”, ungkapnya.
            Pelepasan digelar dalam acara bertema Rengkuh Cita-cita dan Prestasi Untuk Hari Esok yang Gemilang demi  Kebahagiaan Ibu dan Ayah, ditandai dengan pencopotan emblim uniform siswa kelas XII oleh Kepala Sekolah Maman Dermawan SPd, lalu menyerahkan kembali para lulusan itu kepada orang tua diwakili Ungkara,  S.Pd selaku Wakil Ketua Komite Sekolah. Setelah itu diadakan sugkeman yang dikemas dalam upacara adat sunda. Seni lengser siswa menjemput 2 orang siswa Nurfauzi dan Marni Mardianah sebagai wakil lulusan, lalu keduanya naik keatas panggung dan sungkem kepada orang tua, Kepala Sekolah, dan pengurus Komite Sekolah.
Pada tahun pelajaran 2013/2014, siswa SMAN 1 Gantar berjumlah 231 siswa termasuk 78 siswa kelas XII yang dinyatakan lulus 100 persen. Seusai pelepasan, digelar pentas seni siswa kelas X dan XI. Mereka menampilkan berbagai seni seperti nyanyi solo, paduan suara, seni tari daerah, seni tari nasional,  serta pementasan musik baik pop, daerah maupun dangdut.

            Menurut Wakil Kepsek Drs. Edi Kenedy M.Pd, kesenian merupakan salah satu aktifitas ekstra kurikuler  yang dikembangkan selain kegiatan olahraga, pramuka, PMR, paskibra dan lainya. Beberapa prestasi berhasil diraih pada tahun 2014 ini yaitu juara III tingkat kabupaten  dalam lomba cerdas cermat ekonomi yang diadakan oleh Universitas Wiralodra Indramayu, serta juara harapan tari tradisional sunda tingkat kabupaten dalam olympiade olahraga dan seni nasional (O2SN),“Para siswa juga ada peningkatan prestasi dalam olympiade sain nasional, kalau pada tahun 2012 hanya menduduki rangking 33 bidang IPA, maka pada tahun 2014 ini masuk rangking 25 bidang ekonomi”, pungkasnya. (Syafrudin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar