Cari Blog Ini

Rabu, 21 Oktober 2015

Siswa SDN Kedungdawa II Terampil Dalam Berbagai Kegiatan







Kepala Sekolah Hilal Nirwana AS SPdI dan kegiatan pramuka  siswa SDN Kedungdawa II


(Indramayu, Dialog)- Selaras dengan visi sekolah Tentram yaitu Tandang, Elegan, Normatif, Terampil, Religius, Aktif, dan Menyenangkan, siswa SDN Kedungdawa II Kecamatan Gabuswetan Kabupaten Indramayu senantiasa tandang dan terampil dalam berbagai kegiatan. “Dengan visi itu kami berupaya menanamkan percaya diri yang besar dan mantap baik terhadap guru maupun para siswa”, jelas Kepala Sekolah Hilal Nirwana AS. S.PdI. Sabtu (17/10) ketika ditemui Dialog di ruang kerjanya.
            Untuk memajukan kegiatan pramuka, sekolah menjalin kerjasama dengan SMK Tegal Pelem dalam membina anggota pramuka pada saat latihan yang diadakan setiap hari jum’at. “Gerakan pramuka diikuti siswa dengan penuh gairah sehingga pada perkemahan lomba tingkat II (LT.II) yang diselenggarakan Kwarran Gabuswetan bulan lalu, siswa SDN Kedungdawa II meraih empat kejuaraan yaitu pada lomba menaksir, musabaqoh tilawatil Qur’an, membuat kaligrafi, dan lomba Baris Berbaris”, ungkapnya.
Aktivitas lain para siswa adalah  hari kamis mengikuti sholat dhuhur berjamaah, jum’at pagi sholat dhuha dan sabtu mengadakan senam kebugaran. Sedangkan gerakan kebersihan dilangsungkan setiap hari dengan membiasakan siswa membuang sampah pada tempat yang disediakan, supaya mereka mencintai hidup yang bersih. Siswa juga sering secara bersama mengadakan sikat gigi dan cuci tangan pakai sabun.
            Kepala Sekolah belum lama ini telah mengikuti Diklat Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di tingkat kabupaten sehingga ia memprogramkan SDN Kedungdawa II untuk mewujudkan Trias UKS yang meliputi pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan menciptakan lingkungan sekolah yang sehat.  Program itu telah mulai dilaksanakan sehingga sekolah yang letaknya strategis dekat dengan jalan raya Gabuswetan – Wanguk nampak bersih dan indah. Di setiap ruangan kelas terpampang foto Presiden RI dan Wakil Presiden RI, lantai bersih,  bangku dan kursi tertata rapi. Begitu pula toilet selalu diperhatikan kebersihannya agar warga sekolah selalu sehat wal afiat.
            SDN ini termasuk sekolah ramping karena peserta didiknya hanya ada 106 siswa saja, dikelola oleh 9 tenaga kependidikan dan non kependidikan termasuk didalamnya 5 orang guru PNS, guru honorer dan operator computer. Walaupun SD kecil namun guru dan siswa selalu bersemangat untuk mengikuti berbagai aktivitas baik akademik maupun non akademik, bahkan berupaya meraih prestasi dalam kegiatan-kegiatan itu.
            Luas sekolah ini sangat sempit hanya 750 meter persegi. Kepala Sekolah Hilal Nirwana AS SPdI berkeinginan untuk menambah luas tempat pendidikan ini. Menurutnya pemilik tanah disamping sekolah telah bersedia untuk menjual tanahnya yang luasnya sekitar 700 m2, hal ini telah disampaikannya kepada Camat Gabuswetan Budi Setiawan S.Sos, MSi dan secara lisan ia menyetujuinya. “Kami akan mengajukan proposal perluasan tanah sekolah ini kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Indramayu, semoga berhasil, Amin”, pungkasnya. (Syafrudin/Dedi S)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar