Cari Blog Ini

Rabu, 21 Oktober 2015

Peserta Didik SMPN 4 Gantar Setiap Tahun Terus Bertambah



Kepala SMPN 4 Gantar Drs. Dodi Supandi, MPd


(Indramayu,Dialog)-Ketika SMPN 4 Gantar didirikan pada tahun pelajaran 2013/2014 peserta didiknya merupakan pindahan dari kelas jauh SMPN 1 Gantar yang berada di desa Sanca Kecamatan Gantar Kabupaten Indramayu. Setelah berdiri selama dua tahun, sekolah ini terasa berkembang menuju kearah kemajuan. Kepercayaan masyarakat pun terasa meningkat dibuktikan pada setiap tahun pelajaran baru peserta didiknya selalu bertambah.
            SMPN 4 Gantar berlokasi pada desa Sanca di penghujung Kabupaten Indramayu berbatasan dengan Kabupaten Subang dan Kabupaten Sumedang. Karena itu pula, walaupun unsur pendukung siswa berasal dari lulusan 4 SDN yang ada di desa Sanca, namun peserta didik baru bukan hanya dari ke 4 SD itu saja tetapi juga berdatangan dari desa-desa wilayah kabupaten Subang dan Sumedang yang berbatasan dengan desa Sanca. Peserta didik pada tahun pelajaran 2015/2016 berjumlah 276 orang terbagi dalam 8 rombel meliputi kelas VII 119 siswa 3 rombel, kelas VIII 102 siswa 3 rombel, dan kelas IX 55 siswa 2 rombel.
“Karena kelas pembelajaran hanya ada 6 ruang maka untuk melancarkan kegiatan belajar mengajar ke 8 rombel itu, ruang perpustakaan dan ruang tata usaha pun digunakan sebagai kelas pembelajaran. Untuk memenuhi kebutuhan ruang pembelajaran kami telah mengajukan proposal, dan hal itu telah disetujui oleh Dinas Pendidikan. Insya Allah pada tahun ini pemerintah segera membangun dua ruang kelas pembelajaran”, kata Kepala SMPN 4 Gantar Drs. Dodi Supandi, MPd dalam penjelasan kepada Dialog di ruang kerjanya, senin (19/10).
Sebagai sekolah baru tentu banyak persoalan yang harus dibenahi, dan syukurlah sebagian masalah itu telah dapat diatasi diantaranya dihotmiknya areal pintu masuk sekolah, penataan halaman depan, pembuatan tempat parkir, serta penertiban lahan bagian dalam sehingga lebih nyaman saat digunakan upacara dan olahraga. Sesuai keadaan alam, halaman dalam dibuat berundak dimana pada batas undakan dibuatkan senderan konstruksi permanen batu dan semen.
Menurut Kepala Sekolah Drs. Dodi Supandi, MPd (49) yang merupakan lulusan S2 UPI Bandung tahun 2009, untuk lebih memajukan pendidikan, ia senantiasa menjalin silaturahmi harmonis baik dengan pemuka masyarakat, komite sekolah yang diketuai Dalil SPd, maupun dengan guru-guru dan tenaga ketatausahaan. Hubungan kerjasama dengan komite terjalin dengan baik bahkan diwaktu mendatang bersama komite merencanakan untuk memasang paving block pada lapangan upacara. Ini akan dilakukan untuk mengurangi resiko becek pada musim hujan.
Kaitan dengan prestasi siswa, SMPN 4 Gantar selalu berpartisipasi dalam berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan instansi lain seperti olympiade siswa bidang akademik, olahraga, seni, dan ajang perlombaan lainnya. Hasilnya bagus, di tahun 2015 ini tim LKBB SMPN 4 Gantar berhasil meraih juara pavorit pada LKBB yang diadakan SMK PGRI Subang. “Kedepan kamipun ingin agar siswa berprestasi dalam olympiade akademik seperti IPA, Matematik, dan IPS. Karena itu pembinaan akademik akan kami tingkatkan”, pungkasnya. (Dedi S/Syafrudin).
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar